Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2019, 16:32 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Calon pengantin wanita tentunya ingin tampil sempurna di hari yang paling istimewa di hari pernikahannya. Walau penata rias bisa "menyulap" penampilan bak seorang putri, tetapi tetap diperlukan perawatan tubuh menyeluruh.

Banyak perempuan melakukan perawatan di banyak tempat demi mendapatkan kulit yang indah. Padahal, beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa membantu mempercantik kulit, loh.

1. Tidur cukup

Tidur yang berkualitas adalah kunci kecantikan kulit. Beberapa bulan sebelum hari pernikahan, usahakan untuk selalu tidur cukup setidaknya 6 hingga 8 jam agar kulit tampak segar di pagi hari. Tidur cukup juga bisa membantu mereduksi lingkaran hitam di bawah mata.

2. Melembapkan kulit

Menjaga kulit wajah tetap lembap adalah hal penting lainnya yang perlu dilakukan jika menginginkan kulit yang sempurna. Oleskan pelembap kulit sesaat setelah selesai mandi. Ini penting untuk mencegah kulit mengering.

Selain itu, ingatlah untuk mengoleskan pelembap ke seluruh tubuh, tidak hanya wajah. Jika memiliki uang lebih, berinvestasilah untuk pelembap berkualitas dan gunakan rutin setiap hari.

Baca juga: Atasi Kulit Kering, Ada 8 Hal yang Perlu Diperhatikan

3. Eksfoliasi rutin

Eksfoliasi penting untuk mengangkat sel kulit mati dan merevitalisasi kulit. Lakukan maksimal satu hingga dua kali seminggu. Hindari melakukan scrub terlalu sering karena justru bisa membuat kulit kering dan iritasi.

4. Tetap terhidrasi

Minumlah banyak air setiap hari. Efek positif banyak minum air mungkin tak akan terlihat instan, tapi kita perlu mulai membangun rutinitas tersebut sedini mungkin. Minum banyak air membantu membuang racun dalam tubuh dan mencerahkan kulit dari dalam. Di samping minum banyak air, perbanyak konsumsi buah terutama buah seperti semangka agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik.

5. Rawat bibir

Jangan ketinggalan untuk merawat bibir. Jika bibirmu kering dan pecah-pecah, kamu harus memberinya perhatian lebih jika tak ingin merusak detail riasan wajahmu. Gunakan lip balm untuk melembapkan bibir atau memakai scrub bibir setiap malam jika kamu menyukai lipstik jenis matte.

6. Facial rumahan alami

Cobalah lakukan perawatan kulit di rumah dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk masker alami rumahan antara lain madu, gula, lemon, dan lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com