Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Usia Terbaik Mengenalkan Anak dengan Musik?

Kompas.com - 10/07/2019, 15:28 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musik memang berdampak positif bagi perkembangan kognitif anak. Itu sebabnya orangtua perlu memperkenalkan musik sedini mungkin.

Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani menjelaskan, musik memengaruhi perkembangan aspek motorik kasar dan halus, bahasa dan kognitif, serta sosial dan emosional anak.

Terhadap aspek motorik, misalnya, mendengarkan musik secara pasif bisa membuat bayi menggerakkan tubuhnya.

Seiring bertambahnya usia, anak mulai bisa bergerak lebih banyak, seperti menari dan melompat.

"Dengan bergerak membantu pertumbuhan otot, membantu anak memiliki tubuh kuat dan keseimbangan. Keseimbangan jadi salah satu aspek motorik penting ketika anak sekolah," kata Nadya dalam talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).KOMPAS.com/Nabila Tashandra Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).


Musik akan membantu anak lebih berkonsentrasi dan lebih mampu memusatkan perhatian pada satu hal. Hal ini membuat perkembangan bahasa dan kognitif mereka lebih baik.

Baca juga: Ingin Belajar Musik, Lebih Penting Bakat atau Minat Anak?

Musik juga paling dibutuhkan untuk perkembangan sosial dan emosional anak.

Peneliti dari Florida International University menemukan kegiatan musik berkelompok dapat meningkatkan tumbuh kembang anak dalam lima hal, yakni kompetensi, kepercayaan diri, kepedulian, karakter, dan hubungan.

"Perasaan aman, penerimaan terhadap lingkungan. Terutama pada anak usia remaja atau pra remaja ini penting agar kegiatan belajar anak di sekolah tidak terganggu," kata Nadya.

Usia mengenalkan musik pada anak

Dengan banyaknya manfaat musik terhadap tumbuh kembang anak, pada usia berapa disarankan mengenalkan musik pada anak?

"Dari bayi usia 0 bulan pun sudah bisa, tapi bentuknya berbeda dengan usia lainnya," kata Nadya.

Baca juga: Pentingnya Memberi Tidur Berkualitas pada Bayi...

Untuk anak usia 0 hingga 1 tahun, orangtua bisa mulai mengenalkan musik dengan cara memperdengarkannya musik atau menyanyikan lagu untuk anak.

Di usia dini tersebut anak bisa diperkenalkan dengan alat musik atau mainan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian dengan cara ditekan atau dipukul.

Ketika memasuki usia 1 sampai 3 tahun, anak belajar musik lewat sebab-akibat. Misalnya, ketika dipukul akan menghasilkan bunyi tertentu atau menari mengikuti irama lagu tertentu.

Anak sudah mulai bisa diajarkan bermain musik ketika memasuki usia 3 hingga 5 tahun, saat mereka sudah mengenal tempo dan nada.

"Baru lah pada usia 5 tahun ke atas anak bisa diajarkan menguasai alat musik tertentu sesuai minatnya," kata Nadya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com