Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Berikut Cara Simpan Kopi agar Tetap Berkualitas

Kompas.com - 13/07/2019, 05:05 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak ragam faktor yang menentukan rasa kopi tetap terjaga, satu di antaranya cara penyimpanan.

Sekilas, cara penyimpanan mungkin terlihat sepele, namun justru memiliki peran pentingselain proses dari panen, roasting mau pun penyeduhanuntuk memberikan rasa kopi berkualitas.

Coffee trainer Excelso Iwan Kurniansyah mengungkapkan setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara penyimpanan kopi.

Pertama, hindari kopi dari tempat terbuka. Jika kopi terpapar oksigen, maka berisiko mengalamai oksidasi dan mengurangi kesegaran.

"Kalau ditaruh di luar, istilahnya (kopi) akan 'basi' atau masuk angin," ujar Iwan saat acara Excelso dan RedDoorz, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Apalagi, kian halus kopi digiling, makin menyerap oksigen. Akibatnya, jika ditaruh di ruang terbuka, maka kualitas kopi ketika diminum pun menurun. 

Kedua, kopi memiliki tingkat sensitivitas tinggi, terutama soal bau. Kopi bisa menyerap bau di sekitar, sehingga pastikan agar tidak mendekatkan kopi dengan aroma-aroma tajam. 

"Pastikan tempat penyimpanan tertutup rapat, sehingga tidak masuk aroma tajam yang lain," katanya.

Ketiga, jika ingin menyimpan di kulkas, menurut Iwan tak masalah. Hal ini bisa dilakukan selama kopi di dalam tetap kering, tidak lembap yang mengakibatkan kopi rusak.

"Simpan kopi di tempat sejuk dan dingin. Tempatkan kopi di wadah kedap udara," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com