Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Sekolah, Ini Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit

Kompas.com - 13/07/2019, 11:01 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Libur sekolah sebentar lagi usai. Sebagian anak akan kembali ke sekolah dan sebagian lain untuk pertama kalinya memasuki tahapan baru ini.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kitaa untuk memastikan anak tetap sehat, terutama agar tak terjangkit penyakit saat berada di sekolah.

Selain di rumah, anak juga akan menghabiskan banyak waktu di sekolah. Berinteraksi dengan murid-murid lain bisa membuat anak rentan terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut.

Anak-anak rentan untuk terinfeksi berbagai penyakit, apalagi saat berada di sekolah. Sebab, daya tahan tubuh mereka belum seperti orang dewasa. Walau begitu, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan, untuk membantu anak tetap sehat. Berikut tips yang disarankan:

Ajari anak untuk mencegah flu dan pilek

Flu dan pilek merupakan penyakit yang kerap menyerang semua kalangan, terutama anak-anak. Untuk mengurangi risiko tertular flu dan pilek, kita dapat mengajari anak mencuci tangan dengan benar terutama setelah dari toiet, setelah kontak dengan hidung, sebelum dan sesudah makan, serta mengingatkan anak untuk tidak menyentuh mata.

Kita juga bisa mengajari mereka cara batuk dan bersin yang benar, yakni dengan menutup mulut dengan tisu atau lengan.

Mengatur jadwal tidur anak

Anak-anak membutuhkan durasi tidur sekitar 9-11 jam, dalam satu hari. Durasi tidur yang cukup tersebut tidak hanya menjaga kesehatan anak secara keseluruhan, namun juga membantunya untuk belajar dengan optimal di sekolah.

Pastikan menjaga kamar anak senyaman mungkin, untuk memudahkannya terlelap. Sampaikan pula aturan penggunaan telepon pintar dan alat elektronik di rumah, agar anak memahami waktu untuk tidur.

Beberapa rutinitas lain, seperti menggosok gigi, berdoa sebelum tidur, dan mencuci kaki, dapat diterapkan.

Baca juga: Anak yang Kurang Tidur Berisiko Obesitas

Membantu anak menyelesaikan masalah yang dialami di sekolah

Beberapa anak mungkin rentan mengalami stres dan kecemasan karena sekolah, seperti pekerjaan rumah, ulangan harian, teman yang menyebalkan, bahkan mungkin menjadi korban bullying di sekolah.

Luangkan waktu untuk memahami kondisi psikologis anak, serta membantunya menyelesaikan persoalan sedang dihadapi. Karena pada tahap yang parah, mungkin saja anak mengalami depresi.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Orangtua saat Anak Alami Cyber Bullying

Memastikan anak mendapat sarapan yang sehat

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com