Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Power Nap, Tidur Singkat yang Efektif Kembalikan Energi

Kompas.com - 15/07/2019, 11:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Popsugar

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah mendengar istilah "power nap". Power nap adalah istirahat dengan periode singkat yang bisa membuat tubuh seperti hidup kembali, karena mendapatkan kembali energi yang kita keluarkan setelah beraktivitas seharian penuh.

Meski singkat, power nap efektif untuk mengatasi masalah kurang tidur yang dialami mahasiswa atau pekerja yang baru saja menghabiskan waktu kerja panjang.

Namun, benarkah power nap ini benar-benar efektif mengembalikan waktu tidur kita yang kurang?

"Ya, tidur singkat atau power nap benar-benar bekerja," kata Profesor Ilmu Psikiatri dan Perilaku dari Stanford Center For Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo, MD.

Baca juga: Waspadai, Tidur Tak Teratur Sebabkan Sindrom Metabolik

Meskipun titik kepuasan power nap biasanya dicapai dalam durasi tidur 30 hingga 40 menit, jika kamu memiliki waktu untuk tidur singkat ketika membutuhkannya, kamu bisa melakukannya dan mendapatkan suntikan energi segera.

Orang-orang yang berjuang mengatasi narkolepsi atau gangguan tidur kronis, power nap yang terjadwal bisa menjadi pengobatan yang efektif.

Ketika menjalaninya, kamu harus benar-benar memerhatikan apa yang terjadi pada durasi tidur singkat tersebut.

Pelayo menjelaskan, biasanya tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai fase Rapid Eye Movement (REM) atau periode di mana kita biasa mengalami mimpi.

Jika tidak mendapatkan tidur cukup di malam hari, periode REM biasanya terlewatkan. Kemudian tubuh akan merespons langsung ke periode REM ketika kita punya kesempatan untuk tidur.

Pada praktik ini, jika kamu ingat mimpi apa yang kamu miliki selama tidur singkat 10 hingga 20 menit, maka artinya tubuhmu berteriak bahwa sebelumnya tidak cukup tidur.

Power nap akan terasa memuaskan dan mampu membantu kita menutup kekurangan tidur, namun jika kita bergantung pada power nap secara rutin dan mengalami tidur nyenyak hingga bermimpi pada periode tersebut, maka kita perlu mengevaluasi jadwal tidur kita dan perlu tidur lebih lama di malam hari.

Nah, apakah kamu mengalami masalah tidur seperti ini?

Baca juga: Jangan Asal Tidur, Ini Trik Agar Tidur Siang Bermanfaat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com