Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari "Mommy-Shaming", Pink Nonaktifkan Kolom Komentar Instagram

Kompas.com - 18/07/2019, 06:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mematikan fitur komentar di Instagram bukan lah hal baru. Beberapa orang sengaja menonaktifkannya sehingga tak ada yang bisa mengomentari unggahan mereka.

Alecia Beth Moore, atau yang lebih populer dengan nama panggung Pink, juga melakukan hal tersebut.

Mulai saat ini, Pink tidak ingin lagi membaca komentar dan saran apapun mengenai cara merawat anak.

"Hanya mau mengingatkan kepada kamu-kamu yang membutuhkannya: (emoji jari tengah) tidak akan ada lagi komentar di halaman (Instagram) ini!" tulis Pink dalam keterangan foto.

Foto yang diunggahnya adalah foto sang suami, Carey Hart, yang sedang minum wine di atas pelampung renang.

"Hahahaha! Sepertinya kalian mau memberitahunya pada semua!!!!! Semoga berhasil! Dan untuk semua orang, aku cinta kamu selamanya," tambah dia.

Sebelumnya, Pink sempat mendapatkan sejumlah kritik setelah mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dua anaknya, Willow (8) dan Jameson (2), sedang berlari-lari di Holocaust Museum di Berlin, Jerman.

"Simpan rasa benci dan penghakimanmu untuk dirimu sendiri," tulis Pink di akhir keterangan foto tersebut.

Sebelum foto tersebut, Pink dan Carey juga mendapat banyak reaksi negatif dari beberapa foto yang diunggah pelatun "Just Give Me A Reason" itu di akun Instagramnya.

Seperti pada foto ketika Pink membawa anak-anak mereka ke kebun binatang Hamburg. Beberapa pengikutnya tak percaya Pink mengajak anak-anaknya ke kebun binatang, tempat yang dianggap oleh sebagian orang sebagai tempat menyandera binatang.

Pink tak tinggal diam dan menjawab salah satu komentar: "Begini ya, aku tidak ingat pernah meminta pendapatmu atau bantuanmu dalam hal membesarkan anak-anakku. Ini bukan tempat untuk berdebat," tulis Pink.

Instagram secara umum memang berpotensi memberikan dampak kurang baik terhadap mental seseorang jika tidak digunakan secara bijak.

Seperti dilansir dari buzzfeed.com, Royal Society for Public Health (RSPH) dan Young Health Movement mempublikasikan laporan tentang dampak media sosial terhadap kesehatan mental.

Survei yang dilakukan kepada lebih dari 1.400 orang Inggris berusia 14-24 tahun itu menanyakan implikasi setiap media sosial terhadap kesehatan mental mereka.

Instagram memang memberikan beberapa manfaat positif, antara lain kepedulian, memahami pengalaman orang lain, akses informasi, media ekspresi diri, hingga membangun komunitas.

Namun, Instagram juga memiliki beberapa dampak negatif, seperti menimbulkan kecemasan, depresi, kesepian, menurunkan kualitas tidur, berdampak pada citra tubuh, hingga takut kehilangan informasi (FOMO-Fear of Missing Out).

Berdasarkan survei, Instagram mendapatkan angka yang cukup tinggi terkait dengan kehilangan kepercayaan diri, kepedulian terhadap citra tubuh dan FOMO yang semakin parah

Termasuk dalam konteks komentar di Instagram. Beberapa orang yang menonaktifkan kolom komentar menilai komentar-komentar menghakimi dari orang lain benar-benar memengaruhi kepercayaan diri mereka.

Nah bagaimana denganmu, apakah langkah Pink menonaktifkan kolom komentar adalah langkah tepat?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com