Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2019, 16:50 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menemukan, bahwa semakin tua usia anak di awal tahun sekolah, semakin besar kemungkinan anak untuk berprestasi sepanjang masa pendidikan (dan pada dasarnya sepanjang sisa hidup).

Jadi, jika anak Anda lahir pada bulan September, ia mungkin termasuk orang yang beruntung.

Penelitian yang telah dipublikasikan di National Bureau of Economic Research ini, mengamati perkembangan kognitif 1,2 juta siswa sekolah negeri di Florida, yang berusia antara enam dan 15 tahun, dengan ulang tahun sepanjang tahun.

Peneliti menemukan, bahwa siswa yang lahir pada bulan September memiliki skor rata-rata tahunan yang lebih tinggi di sekolah daripada mereka yang lahir pada bulan-bulan lainnya, karena mereka adalah yang tertua.

Baca juga: Anak yang Berprestasi Jarang Main Gawai

Sementara itu, mereka yang lahir pada bulan Agustus cenderung memiliki performa yang buruk.

Dan para peneliti mencatat skor yang mungkin bisa dibangun dari waktu ke waktu, yang pada gilirannya akan meningkatkan peluang siswa kelahiran September untuk masuk ke perguruan tinggi yang baik.

Penelitian berjudul School Starting Age and Cognitive Development ini, juga melihat sejumlah faktor sosial ekonomi lainnya yang dapat memengaruhi seberapa baik anak di sekolah, termasuk pendidikan, etnis, dan kekayaan orangtua mereka.

Tetapi para peneliti mencatat, bahwa anak-anak dengan performa kurang baik karena keadaan, dapat mengejar ketinggalan sebelum menjalani ujian formal pada usia lebih lanjut.

Baca juga: Anak dengan HIV Bisa Berprestasi dan Tidak Perlu Dibedakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com