Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Parenting Pangeran William yang Patut Ditiru

Kompas.com - 23/07/2019, 17:05 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai keluarga yang selalu disorot media, cara Pageran William dalam mengasuh anak-anaknya pun sering menjadi topik pembicaraan banyak orang.

Jika kita perhatikan dengan saksama, The Duke of Cambridge ini selalu terlihat berlutut saat berbicara dengan buah hatinya.

Pakar parenting dan ahli bahasa tubuh menyebut teknik ini sebagai cara "mendengarkan aktif", yang membantu orangtua agar lebih terhubung dengan anak-anaknya.

Ratu Elizabeth mungkin tak suka dengan teknik parenting ini dalam lingkungan formal.

Namun, para ahli justru mengklaim berjongkok saat bebricara dengan anak ini patut ditiru oleh semua orangtua dari berbagai lapisan masyarakat.

Baca juga: Serena Williams Tak Mau Berbagi Tips Parenting dengan Meghan Markle

Susan Constantine, pakar perilaku manusia, mengatakan, Pangeran William menunjukkan segala macam bahasa tubuh yang penuh kasih kepada anak-anaknya, tetapi cara dia membungkuk atau berjongkok saat berbicara dengan anak-anaknya adalah hal yang istimewa.

"Ini adalah cara baginya untuk menahan diri dari menjadi berwibawa dan pada gilirannya, membuat ia terhubung lebih baik dengan anak-anaknya," katanya.

Saat membungkuk atau berjongkok di hadapan anak-anaknya, mata Pangeran William bisa betemu atau melihat langsung ke arah mata anak-anaknya.

Menurut para ahli, ini akan membantu anak merasa apa yang dikatakannya adalah hal penting bagi orangtuanya.

Baca juga: Anak Punya Teman Imajiner, Perlukah Orangtua Khawatir?

Mendengarkan dan berbicara dengan anak akan berperan besar dalam tumbuh kembang mereka.

Center For Parenting Education merekomendasikan agar orang tua menghentikan apa yang mereka lakukan dan memberi anak mereka perhatian penuh ketika mereka berbicara.

Selain itu, memosisikan diri kita untuk mendengarkan secara aktif akan sangat bermanfaat sata kita tidak benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan sang anak.

Jadi, lain kali jika anak kita menginginkan perhatian, cobalah berjongkok dan menatap mata mereka saat mereka berbicara dengan kita.

Ini hal yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Buah hati kita akan merasakan peningkatan dalam harga dirinya. Hal inilah yang coba dilakukan oleh keluarga kerajaan Inggris.

Baca juga: Melihat Cara Pangeran William Mendidik Ketiga Anaknya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com