Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Nirina Zubir Atasi Kecemasan Saat Anak Kembali Masuk Sekolah

Kompas.com - 23/07/2019, 18:31 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momentum kembali masuk sekolah menjadi saat-saat yang dinantikan, namun juga memberikan perasaan campur aduk di hati orangtua.

Presenter dan aktris Nirina Zubir (39) mengaku, sempat merasa "deg-degan" ketika kedua anaknya mulai kembali masuk sekolah.

Apalagi, Nirina sekeluarga baru saja bersepeda dari Jakarta ke Denpasar dalam rangka mengisi waktu libur.

"Selama ini interaksinya sama kami, masuk sekolah lagi ada rasa deg-degan. Bisa enggak ya mereka beradaptasi lagi," kata Nirina dalam konferensi pers Pepsodent Action 123 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Jelang Kembali Sekolah, Siapkan Mental Anak Sesuai Karakternya

Kedua anak Nirina memiliki karakter berbeda. Jika sang kakak, Zivara Ruciragati Sharief cenderung ekstrovert, adiknya Elzo Jaydo Anvaya punya karakter introvert. Sehingga, Nirina lebih khawatir melepaskan Elzo kembali ke sekolah.

"Lebih khawatir sama adiknya nih menyiapkan pede-nya, bersosialisasinya. Bisa enggak ya?" kata pemeran Emak di film Keluarga Cemara itu.

Meski mengaku khawatir, di sisi lain Nirina ingin anaknya bisa berkembang dan bersosialisasi, agar nantinya bisa menjadi anak yang bisa bergaul di mana saja.

Sehingga, ketika melepas Elzo sekolah Nirina berpesan agar putra bungsunya selalu berkomunikasi jika ada masalah dan menceritakan segala hal yang dialaminya setelah pulang sekolah.

"Nanti saat pulang ceritain di sekolah gimana, ada kenalan dengan teman enggak. Walaupun harus dikorek dulu," katanya.

Baca juga: Sakit Setiap Mau Sekolah, Apakah Ini Serangan Cemas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com