Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jasa “Mendandani” CV Biar Makin Dilirik HRD

Kompas.com - 25/07/2019, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Mencari kerja adalah sebuah persaingan. Dari satu posisi yang dibuka, bisa jadi kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar.

Salah satu cara untuk tampil menonjol di mata HRD atau perekrut kerja adalah dengan membuat Curriculum Vitae (CV) alias riwayat hidup singkat yang berisi data diri hingga keahlian yang dimiliki secara menarik.

Membuat CV yang menarik memang gampang-gampang susah. Apalagi, idealnya CV tidak terlalu panjang tapi bisa merangkum semua hal yang “menjual” tentang diri kita.

Namun, jangan khawatir karena saat ini di media sosial banyak yang menawarkan jasa mendandani CV agar terlihat informatif tetapi tetap elegan dan berkesan.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp30.000 per lembarnya, tergantung tingkat kesulitan.

Salah satu penyedia jasa membuat CV adalah Rico Happy Pratama (20). Mahasiswa salah satu universitas di kota Malang ini memang hobi mendesain.

“Karena aku suka desain, jadi mending aku manfaatin buat bikin jasa CV. Soalnya kan penting juga buat orang-orang yang mau melamar kerja. Perusahaan juga lebih suka CV yang modis tapi simpel,” katanya ketika dihubungi Kompas.com.

Baca juga: 10 Kata yang Harus Dihindari di CV saat Melamar Kerja

Rico yang menawarkan jasanya melalui akun twitter @cococoook mengatakan, sudah memiliki beberapa contoh desain CV yang bisa dipilih sesuai keinginan pelanggannya.

“Aku sudah siapin beberapa template CV, nah nanti konsumen bisa pilih sendiri mau pakai desain yang mana. Kalau jenisnya, sih, yang penting menarik dan artistik,” lanjutnya.

Para pengguna jasa pembuatan CV ini memang mayoritas adalah mahasiswa yang baru lulus kuliah dan sedang sibuk mencari kerja.

Pembuat CV lainnya, Dini, mengaku ketika sedang ramai ia bisa menerima pesanan tiga sampai tujuh dalam sehari.

“Sebagai usaha sambilan tapi menguntungkan. Apalagi kalau di musim kelulusan, aku bisa dapet tiga sampai tujuh konsumen,” jelas Dini yang juga berpromosi di twitter melalui akun @dinirsdn.

Mahasiswi asal Probolinggo itu mengaku menetapkan tarif Rp 15.000 perlembar CV.

Baca juga: Membuat CV, Perlukan Mencantumkan Hobi dan Minat? 

Dituturkan oleh pendesain CV lainnya, Nafisa, yang meminta jasanya ternyata tidak terbatas pada mahasiswa yang baru lulus saja.

“Orang-orang yang order ke aku profesinya macam-macam, ada yang sebagai manajer, HRD, dokter, bidan, mahasiswa dan fresh graduate,” kata pemilik akun instagram @kreatifdesainku ini.

Selama 7 bulan membuka jasa ini, Nafisa mengaku sudah menerima 30 pesanan.

Novelia (22), pengguna jasa CV mengatakan merasa puas dengan hasilnya dan sangat terbantu. Tanpa menyebutkan nama pembuat desainnya, ia pernah memesan dengan tarif Rp 30.000 perlembar.

“Karena aku sendiri enggak bisa desain dan aku juga sibuk, jadi butuh banget orang-orang seperti ini. Aku jadi bisa punya CV yang bagus karena hasil yang mereka buat sangat kreatif,” kata Novelia. 

(Nishya Gavrila, Rahayu Kurnia Kinasih).

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com