Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2019, 16:51 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu yang melibatkan pelawak Srimulat, Nunung, tentu membuat publik terhenyak. Nunung mengaku mengonsumsi sabu untuk menjaga stamina saat bekerja.

Padahal cara meningkatkan stamina sebenarnya mudah, tanpa menyentuh obat-obatan terlarang, apalagi mengandalkan efek sabu. Ada berbagai cara yang bisa dicoba, termasuk konsumsi makanan sehat penambah tenaga, untuk memacu stamina.

Cara meningkatkan stamina dengan sehat dan menyenangkan

Berolahraga secara teratur dan meditasi, menjadi dua cara meningkatkan stamina, yang bisa kita lakukan sendiri, maupun bersama teman-teman. Tak hanya itu, kita juga bisa mendengarkan musik kesukaan, untuk menambah semangat saat berolahraga.

Meditasi dan yoga

Ilustrasi yoga Sukhasana fizkes Ilustrasi yoga Sukhasana
Kamu mungkin sudah tak asing dengan meditasi maupun yoga. Selain membantu mengendalikan gangguan stres dan menenangkan pikiran, meditasi dan yoga bisa menjadi cara meningkatkan stamina.

Sebuah studi pada tahun 2016 melaporkan, yoga dapat meningkatkan daya tahan tubuh para responden yang dilibatkan, serta membuat mereka tidak mudah lelah.

Temuan serupa juga muncul dalam penelitian lain yang dimuat dalam International Journal of Yoga. Penelitian ini membuktikan, yoga dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh, menjaga sistem pernapasan, serta kesehatan jantung.

Baca juga: 3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian

Berolahraga secara teratur

Ilustrasi olahragajacoblund Ilustrasi olahraga
Seperti halnya meditasi dan yoga, berolahraga secara teratur juga memberikan efek positif terhadap kondisi psikologis kita, sekaligus meningkatkan stamina. Orang yang berolahraga secara teratur akan merasa lebih bertenaga untuk beraktivitas.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis tahun 2017, dilaporkan bahwa olahraga dapat meningkatkan energi, bagi responden yang mengalami kelelahan akibat bekerja.

Para responden melakukan latihan fisik selama 6 minggu. Hasilnya, mereka merasakan adanya peningkatan energi, kemampuan bekerja, hingga kualitas tidur.

Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Hari Tua

Mendengarkan musik

Ilustrasi mendengarkan musikMerlas Ilustrasi mendengarkan musik
Mendengarkan musik mungkin hanya terlihat sebagai hobi. Namun manfaatnya ternyata besar. Mendengarkan musik dapat meningkatkan efisiensi kerja organ jantung kita.

Mendengarkan musik kesukaan saat berolahraga, mampu membantu menurunkan detak jantung. Selain itu, mendengarkan musik membuat kita lebih terpacu saat berolahraga, dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik.

Baca juga: Dengarkan Musik agar Tak Cepat Lelah Berolahraga

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com