Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2019, 15:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Mencuci muka menjadi salah satu tahapan perawatan wajah yang paling penting. Bukan hanya agar kotoran dan debu bisa diangkat dari kulit wajah, tapi mencuci muka dengan benar juga akan membuat kosmetik menempel dengan baik.

Ketika banyak orang sudah rutin melakukan beberapa step perawatan wajah, ternyata tak sedikit yang tidak menyadari bahwa cara mereka mencuci wajah masih salah.

Dilansir dari New York Post, poling terhadap 2.000 orang Amerika menemukan bahwa salah satu kesalahan terbesar dalam mencuci wajah adalah tidak mencucinya di malam hari.

Padahal, membersihkan wajah di malam hari penting untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang tertumpuk sepanjang hari.

Survei tersebut dilakukan oleh OnePoll yang bekerjasama dengan CaraVe untuk program Pekan Membersihkan Kulit Nasional.

Studi tersebut mempelajari pola kebiasaan perawatan kulit orang Amerika, termasuk mengungkapkan kesalahan perawatan yang umum dilakukan. Jadi, apa saja kesalahan mencuci wajah yang biasa mereka lakukan?

Baca juga: Hindari, 5 Kebiasaan yang Merusak Kulit Wajah

1. Menggunakan sabun yang salah

Sebanyak 52 persen partisipan menggunakan sabun batang untuk wajah mereka dan 44 persennya menggunakan sabun cuci tangan. Mereka tidak menyadari konsekuensi produk tersebut di kulit wajah mereka. Mayoritas melakukannya karena kurang pengetahuan.

Sementara 42 persennya mengaku tidak tahu produk apa yang terbaik untuk kulit mereka dan 36 persennya tidak menyadari bahwa mencuci wajah setiap malam adalah tahapan penting.

Adapun 45 persennya tidak mencari saran dari dokter kulit untuk mengetahui perawatan kulit yang tepat. Jadi, mereka memilih membeli produk yang mereka sudah tahu.

Baca juga: 3 Skin Care Wajib bagi “Si Malas”

2. Salah memilih air

Di balik kurangnya pengetahuan tentang perawatan kulit, 35 persennya menyadari mereka memiliki kebiasaan perawatan kulit yang buruk.

Sekitar 41 persen orang mencuci wajah dengan air hangat, bukan dengan air suam-suam kuku dan 39 persennya melewatkan mencuci wajah setelah berolahraga. Membiarkan keringat dan minyak di wajah mereka meresap ke dalan kulit.

3. Tidak memahami kulit

Beberapa kebiasaan salah lainnya adalah mencukur janggut tanpa menggunakan krim pencukur (38 persen), menggunakan pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit (37 persen) dan membersihkan wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu (34 persen).

Halaman:
Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com