Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2019, 07:12 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Romper

KOMPAS.com - Memperkenalkan olahraga pada anak sejak dini bisa bermanfaat bagi perkembangan fisiknya. Pada anak balita, permainan sepak bola termasuk olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Akan lebih seru lagi jika dimainkan bersama teman sebayanya.

Pendiri Fold-A-Goal, David Hauptman menyebutkan setidaknya ada lima manfaat olahraga sepak bola bagi balita, seperti dikutip dari laman romper.com:

1. Meningkatkan skill motorik

Sepak bola membuat anak banyak berlari dan menggunakan kaki untuk menggocek bola. Menurut artikel di Frontiers in Psychology, olahraga ini baik untuk anak-anak, terutama anak yang sedang mengasah skill motorik mereka.

2. Membantu perkembangan otak

Ketika main bola, kita dituntut untuk mampu berpikir cepat dan menyelesaikan masalah di lapangan. Kondisi ini membuat anak terlatih dalam menghadapi tantangan. Saat bermain sepak bola, anak juga dilatih untuk mengasah kecerdasan visual-spasial sama dengan mengasah koordinasi antara mata dan kaki.

Baca juga: Balita Terobsesi Ingin Jadi Princess Wajarkah?

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Bone and Mineral Research di 2016 menemukan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam aktivitas high impact seperti sepak bola memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Hauptman setuju bahwa sepak bola bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan anak.

4. Membentuk skill sosial

Anak usia balita mungkin memang belum bisa bekerja tim ketika bermain sepak bola. Namun, bagi mereka sepak bola menjadi media untuk belajar berbagi bola bersama teman-temannya dan bergiliran memasukkan bola ke gawang.

Hauptman mengatakan, sepak bola adalah olahraga yang tepat untuk membantu anak membangun skill sosial interpersonalnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan menunjukkan bahwa menjaga fisik tetap aktif dan bermain olahraga tim bisa membantu anak dalam membangun skill sosial penting, seperti kepemimpinan, empati dan berkomunikasi secara efektif.

"Ini sangat penting karena anak sedang berusaha melampaui tahapan egosentris," kata Hauptman.

5. Menjaga anak tetap sehat

Olahraga dalam bentuk apapun baik untuk anak dan menjaga mereka tetap sehat afalah prioritas orangtua. Sepak bola tentu menjadi salah satunya.

"Sepak bola adalah olahraga yang bagus untuk mengajari anak fondasi ketahanan, kekuatan dan gaya hidup sehat," kata Hauptman.

Sepak bola tak hanya baik karena meningkatkan kapasitas aerobik, tapi juga membantu membentuk kekuatan otot anak.

Jadi, menyaksikan anak-anak mengejar bola bukan hanya sesuatu yang lucu dan menarik untuk disaksikan, tetapi juga punya banyak manfaat bagi mereka.

Baca juga: Anak Terlalu Sering Main Gadget Berisiko Alami Gangguan Tumbuh Kembang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Romper
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com