Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Ketergantungan pada Benda Kesayangan Masa Kecil

Kompas.com - 01/08/2019, 14:06 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Anak-anak biasanya memiliki benda kesayangan untuk menemaninya tidur, seperti selimut, boneka atau bantal. Tak jarang, barang tersebut masih tetap dibawa meski mereka telah dewasa.

Survei 2017 yang diikuti oleh 2.000 orang lebih dan dilakukan oleh pembuat boneka binatang, Build-A-Bear, menemukan 40 persen orang dewasa masih tidur dengan boneka beruang yang telah mereka miliki sejak kecil.

Menurut American Academy of Pediatrics, objek yang menimbulkan kenyamanan ini disebut "object transisi" karena membantu anak-anak membuat transisi emosional dari ketergantungan ke kemandirian.

Menurut terapi pernikahan dan keluarga Alisa Ruby Bash, pada awalnya, barang-barang tersebut memiliki bau seperti pengasuh utama anak, bisa ibu atau pengasuh, sehingga timbul rasa aman. Mereka pun bisa tertidur walau ibu tidak secara fisik hadir.

"Kemampuan untuk menenangkan diri tanpa bantuan orangtua adalah keterampilan yang bermanfaat secara emosional untuk anak-anak seiring bertambahnya usia mereka," kata psikolog bersertifikat Helena Rempala.

Studi lain juga menemukan anak yang sehari penuh di tempat penitipan anak cenderung lebih terikat pada benda mati dibandingkan dengan anak-anak yang hanya menghabiskan setengah hari di tempat penitipan anak.

Benda-benda ini membantu anak menenangkan diri dan sebenarnya tidak ada masalah jika anak memiliki objek kenyamanan.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Bikin Susah Tidur

 

Menurut Bash, banyak orang yang tak malu tidur menggunakan barang masa kecil, seperti boneka binatang atau selimut dan hal itu normal.

Orang dewasa tumbuh melewati masa membutuhkan sumber-sumber kenyamanan yang sama.

"Tetapi pada saat stres yang ekstrem sangat normal bagi orang dewasa untuk kembali ke sumber masa kecil yang menenangkan untuk menghilangkan kecemasan dan rasa sakit," kata Bash.

Para ahli memiliki dua pandangan terkait mencari kenyamanan pada benda-benda masa kecil Di satu sisi, jauh lebih sehat untuk mencari kenyamanan pada boneka beruang daripada dalam hal-hal seperti alkohol, narkoba, atau seks.

Jika barang-barang masa kecil tersebut adalah bagian dari cara kita menciptakan kondisi ideal untuk tertidur dengan nyenyak, itu bukan masalah karena tidur yang cukup sangatlah penting.

Walau begitu, sebenarnya keterikatan pada benda-benda nostalgia itu juga bisa jadi bumerang. 

Halaman:
Sumber InStyle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com