Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tidur Miring ke Samping Terbukti Baik untuk Kesehatan Otak

Kompas.com - 02/08/2019, 20:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Saat tidur, kita cenderung memiliki posisi favorit, entah itu miring ke samping, meringkuk, telentang, ataupun tengkurap.

Namun, tahukah kamu, bahwa posisi tidur berpengaruh pada kesehatan, termasuk kesehatan otak?

Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menyebutkan, posisi tidur menyamping lebih memungkinkan bagi otak untuk membuang limbah, yang nantinya bisa mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit neurologis lainnya.

Sementara itu, posisi miring ke samping atau telentang terbukti baik untuk kesehatan tulang belakang.

Kedua posisi tidur tersebut dapat mendukung tulang belakang dan leher dalam jangka panjang.

Baca juga: Posisi Tidur Menentukan Kualitasnya

Dr. Helene Benveniste, peneliti utama dan seorang profesor di Departemen Ilmu Anestesi dan Radiologi di Stony Brook University School of Medicine beserta tim, berusaha untuk mencari tahu bagaimana posisi tidur juga dapat memengaruhi kesehatan otak dengan meneliti proses pembuangan produk limbah metabolik.

Mereka menggunakan tikus untuk menguji jalur glymphatic, yaitu jalur pembuangan limbah fungsional untuk sistem saraf pusat.

Peneliti menggunakan MRI untuk mengamati jalur glymphatic pada tikus yang tidur dengan posisi menyamping, terlentang, dan tengkurap.

Temuan mengungkap, transportasi glymphatic yang paling efisien terjadi pada tikus yang tidur dalam posisi menghadap samping (lateral).

Baca juga: Posisi Tidur Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu yang Mana?

Dari penelitian ini ditemukan bahwa, menyesuaikan posisi tidur penting untuk menangkal penyakit neurologis. Sebagai contoh, banyak kasus demensia terbukti berkaitan erat dengan kasus gangguan tidur.

Gangguan tersebut terjadi karena limbah otak tidak dieliminasi dengan benar. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko seseorang kehilangan memori dan menderita Alzheimer.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah, tidur dengan posisi miring tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak tapi juga menjaga daya kerja otak kita.

Baca juga: Mari Kenali Posisi Tidur Terbaik agar Lebih Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com