Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Buktikan Stamina Wanita Lebih Baik dari Pria

Kompas.com - 05/08/2019, 16:56 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Penelitin terbaru membuktikan, wanita memiliki stamina yang lebih tahan lama dibandingkan dengan pria.

Semua tentu tahu bahwa untuk urusan olahraga, pria umumnya lebih cepat dari wanita, tapi dalam hal pemulihan setelah olahraga, wanita melakukannya dengan lebih baik.

Sebuah studi baru menguji sembilan wanita dan delapan pria. Para ilmuwan kemudian meminta para peserta untuk melenturkan satu kaki sebanyak 200 kali, secepat yang mereka bisa.

Hasilnya, penelitian yang dilakukan di Universitas Columbia itu, menemukan bahwa pria lebih kuat dan lebih cepat. Tetapi, mereka menjadi lebih cepat kelelahan dibanding peserta perempuan.

Baca juga: Tips Menjaga Stamina Saat Lari Jarak Jauh

Meskipun penelitian relatif kecil, The Independent mencatat bahwa hal itu mendukung penelitian sebelumnya.

"Kami telah mengetahui selama beberapa waktu, bahwa wanita tidak terlalu kelelahan selama tes otot isometrik - latihan statis di mana persendian tidak bergerak, speerti memegang beban," ujar salah satu penulis penelitian, profesor Brian Dalton.

"Tetapi kami ingin mengetahui apakah itu benar terjadi saat melakukan gerakan sehari-hari yang lebih dinamis dan praktis," lanjutnya.

"Dan jawabannya jelas: wanita dapat mengalahkan pria dengan selisih lebih besar," imbuh Dalton lagi.

Dia lebih lanjut mencatat, bahwa meskipun tes hanya dilakukan dengan berjalan kaki, penelitian ini sebenarnya berlaku untuk seluruh tubuh.

"Kami tahu dari penelitian sebelumnya, bahwa untuk olahraga lari ultra trail - di mana jarak lari lebih panjang dari marathon, pria mungkin mampu menyelesaikannya lebih cepat, tetapi pada akhirnya wanita jauh lebih sedikit merasa kelelahan ketimbang pria."

Baca juga: Rahasia Bugar dan Stamina Tinggi di Usia 50-an ala Tom Cruise

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com