Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2019, 09:14 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbelanja online melalui handphone bukanlah barang baru. Bahkan kebiasaan ini makin banyak diadopsi karena memudahkan kita membeli barang dalam waktu singkat.

Meski begitu, berbelanja online juga memiliki kekurangan, misalnya kita tidak bisa mencoba ukuran busana atau sepatu yang akan kita beli, atau tidak bisa melihat dan meraba bahannya secara langsung, bahkan tertipu.

Kekurangan itu membuat kita bisa keliru saat berbelanja online. Agar tidak terjadi, berikut tips belanja online aman menggunakan handphone:

1. Belanja dari sumber-sumber terpercaya

Pastikan pilih online shop yang terpercaya, setelah itu cek kembali penjual atau online store nya. Kita bisa melakukannya dengan melihat review atau testimoni dari pelanggan.

“Belanja yang tidak langsung dari e-commerce nya, itu menurut saya agak beresiko, kalau bisa jangan belanja dari sumber-sumber yang tidak terpercaya, ” ucap Stefanie Herlie, Senior Vice President Payment Traveloka dalam acara kerjasama iLOTTE x Traveloka #NgeMallDariHapeBarengTraveloka di Jakarta Selatan.

2. Jaga identitas diri

Penipuan di saat berbelanja online kadang terjadi, namun seringkali hal itu terjadi disebabkan oleh pengguna yang lalai dalam memberikan kata sandi atau kode-kode tertentu terhadap orang yang tidak dikenal.

Sebagai pembeli, jangan dengan mudah memberikan kata sandi atau kode-kode tertentu saat sebelum atau sesudah melakukan pembayaran.

“Misalnya untuk berbelanja di website kalau menggunakan kartu kredit dan punya login OTP (One Time Password) kalau bisa jangan di share sama orang lain, karena banyak sekali penipuan di dalam e-commerce berawal dari sini,” kata Stefanie.

Ia juga mengingatkan agar jangan lupa untuk log out akun kita, baik di handphone pribadi ataupun orang lain, guna mencegah pencurian username dan password.

3. Hindari pemborosan

Belanja memang kadang menggiurkan, entah karena ada penawaran promo atau kemudahan untuk memiliki barang dalam sekejap saja, tetapi hal itu kadang membuat kita lupa bahwa pengeluaran melebihi pemasukkan kita.

“Untuk belanja kan semua tergantung seberapa banyak pengeluaran yang kalian mau, tapi harus bijak dalam mengeluarkan uang, harus dipertimbangkan juga agar pengeluaran dan pemasukkan tetap seimbang, tidak boros,” jelas Stefanie.

4. Cek offline store

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com