Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Memasak Daging Kurban Selain Gulai dan Sate

Kompas.com - 09/08/2019, 20:45 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Hari Raya Idul Adha akan jatuh di hari Minggu (11/8/2019). Saat Idul Adha tiba, memasak daging kurban baik sapi maupun kambing tentunya menjadi tradisi yang biasa kita lakukan.

Umumnya, daging sapi dan kambing lumrah untuk dijadikan masakan sate, gulai, tongseng, ataupun rendang. Supaya makanan di momen Idul Adha kali ini tidak itu-itu saja, berikut ini beberapa ide memasak olahan daging kurban supaya tidak begitu-begitu saja:

1. Bakso Bakar

Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta.

Selain menikmati daging kurban dengan dijadikan masakan satai, Anda bisa mengolahnya menjadi bakso bakar.

Namun prosesnya sedikit lebih lama, lantaran harus menggiling daging menjadi lebih halus dan dilanjutkan dengan membuatnya menjadi adonan bakso.

Baca juga: Awas, Banyak Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Kematian

Supaya lebih anti mainstream, bakso bakar yang Anda buat jangan melulu dari daging sapi. Anda bisa mencoba membuat bakso bakar dengan menggunakan daging kambing ataupun domba. Meski jarang ada, namun sebenarnya mengolah daging domba maupun kambing menjadi bakso bukanlah hal yang baru.

Melansir dari Kompas.com (31/8/2017), di Eropa, daging kambing dibuat bakso dinamakan lamb marrocan meatballs. Daging tersebut dicacah lalu diberi bumbu marjoram, bay leaf, oregano, rosemary, telur, sedikit tepung roti, kemudian disiram dengan saus krim.

2. Bistik Daging

Bistik lidah sapi dengan resep asli sejak Toko Oen di buat tahun 1922 di Yogyakarta, saat ini Toko Oen sendiri hanya berdiri di Semarang, Kamis (19/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bistik lidah sapi dengan resep asli sejak Toko Oen di buat tahun 1922 di Yogyakarta, saat ini Toko Oen sendiri hanya berdiri di Semarang, Kamis (19/7/2018).

Membuat masakan bistik, sangat cocok untuk Anda yang ingin mengkombinasikan lemak daging dengan sayuran. Tujuannya tentu saja supaya gizi Anda lebih seimbang tak melulu mengkonsumsi lemak.

Bistik daging khas dengan daging yang dimasak kental dengan berlumur kuah mirip steak. Biasanya bahan yang digunakan adalah daging sapi merah.

Bistik daging, umumnya disajikan dengan sayuran berupa wortel, kentang, jagung manis, dan buncis.

Baca juga: Risma Minta Wadah Daging Kurban Tak Gunakan Plastik, tetapi Pakai Daun

3. Sop Kaki Kambing

Sop kaki kambing bang karim.BIGDISH Sop kaki kambing bang karim.

Sop kaki kambing merupakan makanan yang identik dengan Betawi. Sop kaki kambing merupakan salah satu alternatif menjadikan daging korban yang Anda miliki dapat diolah dengan tidak biasa-biasa saja.

Rasa gurih dan segar kuah sop dan potongan bagian kaki kambing yang lezat bisa Anda nikmati jika membuat masakan ini.

Nah, nantinya, apabila Anda ingin mengganti kuah santan maka Anda bisa menggantinya menggunakan susu.

Baca juga: Nikmati Sajian Cepat dan Lezat Satai Jepang di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com