Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2019, 15:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal buah sirsak? Buah ini sangat populer di negara tropis, termasuk di Nusantara. Sirsak merupakan buah yang nikmat untuk dimakan, dengan daging buah yang berwarna putih.

Namun, sirsak tak hanya lezat untuk dikonsumsi. Buah ini ternyata memiliki berbagai manfaat, yang mungkin sebelumnya tak pernah kita sangka. Apa saja manfaat buah sirsak tersebut?

Sejumlah penelitian menemukan bahwa sirsak dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Beberapa di antaranya, tergolong sebagai penyakit yang menjadi momok untuk semua orang, termasuk kanker serta tekanan darah tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat sirsak yang sebaiknya kita ketahui.

Manfaat sirsak #1: Mengandung molekul antioksidan

Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni:

- Tannin
- Saponin
- Pitosterol
- Flavonoid
- Anthraquinone

Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan kita. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.

Manfaat sirsak #2: Memiliki sifat anti-inflamasi

Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menyimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan.

Manfaat sirsak #3: Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat sirsak lainnya yakni menstabilkan kadar gula darah. Seperti yang kita tahu, tingginya kadar gula merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat memicu berat badan berlebih (obesitas), serta penyakit jantung.

Beberapa penelitian menemukan, sirsak dapat menstabilkan tingginya kadar gula dalam darah tersebut. Walau riset ini juga dilakukan pada hewan, bukan tak mungkin manfaat buah sirsak ini juga berlaku untuk manusia.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com