Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Buatan Bandung Menangi Penghargaan Produk Terbaik di New York

Kompas.com - 15/08/2019, 08:51 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Satu lagi kabar membanggakan bagi Indonesia terdengar dari New York, Amerika Serikat.

Produk kerajinan furnitur Indonesia, Merapi Lounge Chair memenangi kategori Best New Product dalam pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019, 10-13 Agustus 2019 di Javits Center.

Merapi Lounge Chair merupakan karya Djalin, sebuah usaha kecil menengah (UKM) furnitur rotan alami dan sintetis dari Bandung.

Merapi Lounge Chair karya Djalin dari Bandung, Jawa Barat.VIA DJALIN Merapi Lounge Chair karya Djalin dari Bandung, Jawa Barat.
Djalin digawangi oleh Dimas Wibisono dan Sita Fitriana. Mereka mengaku, inspirasi karya ini datang dari keharmonisan spiritual keraton Yogyakarta dengan rakyatnya.

Baca juga: Ketika Ribuan Orang Nikmati Goyang Dangdut di Central Park, New York

Keharmonisan yang lahir dari kekayaan budaya dan warisan leluhur itu, kemudian diterjemahkan dalam produk yang memadukan manusia dan alam lingkungannya lewat desain Merapi Lounge Chair.

Produk kursi lounge kontemporer ini berbingkai kayu dengan jalinan rotan alami.

Tak hanya Djalin, sebelumnya ada lima produk UKM Indonesia yang terpilih sebagai finalis untuk kategori yang sama.

Nah, prestasi ini kian terasa istimewa, karena menjadi kali kedua secara beruntun Indonesia menggondol gelar Best New Product.

Tahun lalu, Indonesia memenangi kategori ini lewat produk batik indigo yang diciptakan oleh perajin Galeri Batik Jawa, Yogyakarta.

Selain itu, Indonesia pun dalam dua tahun terakhir ini merupakan finalis untuk kategori produk ramah lingkungan.

Para punggawa UKM Djalin dari Bandung yang memenangi penghargaan Best New Product di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center, New York, AS.  DOKUMENTASI KJRI NEW YORK Para punggawa UKM Djalin dari Bandung yang memenangi penghargaan Best New Product di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center, New York, AS.

Baca juga: Kerajinan Tangan Indonesia Sulit Bersaing di Pentas Dunia, Kenapa?

Djalin adalah bagian dari “Paviliun Indonesia” yang tahun ini terdiri dari 18 perusahaan kriya asal berbagai daerah di Indonesia.

Seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari KJRI New York, Kamis (15/8/2019), tahun ini Indonesia memadukan karya-karya yang menggabungkan gaya tradisional dengan sentuhan kontemporer.

Pendekatan ini disebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan serta permintaan pasar di AS.

Produk yang dikembangkan bervariasi mulai dari perhiasan, travel goods, fesyen hingga furniture, serta dekorasi rumah berbahankayu, bambu, rotan.

“Pasar home décor AS merupakan pasar yang sangat besar dan menjanjikan bagi perajin/UKM Indonesia," kata pejabat Konsul Jenderal RI New York, Yohannes Jatmiko.

Suasana paviliun Indonesia di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center New York, AS. DOKUMENTASI KJRI NEW YORK Suasana paviliun Indonesia di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center New York, AS.
Dia mengatakan, keikutsertaan Indonesia di ajang NYNOW 2019 -yang dihadiri lebih dari 25.000 buyers- melalui proses pelatihan, kurasi, dan persiapan selama enam bulan sejak Februari 2019.

Baca juga: ARMA Museum Bali, Seimbangkan Seni dan Alam...

Di dalamnya dilibatkan konsultan AS dan berbagai instansi pembina UKM di Indonesia.

"Jadi memang didesain untuk memperkuat market readiness UKM Indonesia, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lain di pasar AS,” kata Yohannes.

Hasilnya, Djalin mendapatkan penghargaan Best New Product, dan sederet karya peserta Indonesia lainnya terpilih sebagai finalis di berbagai kategori.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Djalin (@djalin.id) on Aug 13, 2019 at 1:46pm PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com