Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2019, 14:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mempertahankan kesehatan mental merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang sering terlewat.

Padahal, selain berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan, menjalani langkah-langkah untuk menghindari depresi, juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit jantung.

Belum banyak yang tahu, kesehatan mental dan kesehatan jantung sebenarnya adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Menderita penyakit jantung, bisa membuat kondisi mental seseorang terganggu.

Begitu juga sebaliknya. Jika kondisi kesehatan mental kurang baik, maka risiko seseorang terkena penyakit jantung pun akan meningkat.

Baca juga: Perhatikan, 5 Gejala Fisik Tanda-tanda Depresi

Gangguan mental yang kerap dikaitkan dengan penyakit jantung adalah depresi dan gangguan kecemasan. Seperti apa kaitannya?

Gangguan mental termasuk depresi, membuat penderitanya mengadopsi perilaku-perilaku yang bisa membahayakan kesehatan, seperti:

  • Mengonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol berlebihan
  • Tidak pernah berolahraga

Sebagian besar penderita depresi pernah atau memiliki kebiasaan merokok. Berbeda dari kelompok populasi yang tidak menderita depresi. Angka kebiasaan merokok mereka yang tidak mengalami depresi, hanya terhitung sebagian kecil dari populasi.

Baca juga: Demi Kesehatan, Begini 4 Cara Hentikan Kebiasan Merokok

Ada tiga langkah yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan jantung melalui perbaikan kondisi psikologis, yaitu:

• Jaga pikiran agar tetap positif

Ilustrasi berpikir positifshutterstock Ilustrasi berpikir positif
Emosi positif, seperti kebahagiaan dan kesenangan, ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sehingga menjaga pikiran agar tetap positif adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang efektif.

Saat menghadapi masalah, cobalah ambil hikmahnya dan jangan terlalu lama bertahan dalam perasaan negatif seperti kesedihan, kecemasan, dan kemarahan.

Emosi atau perasaan negatif tersebut dapat mengganggu kemampuan hati dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca juga: Cara Sederhana Menyingkirkan Kebiasaan Berpikir Negatif

• Cari cara yang efektif untuk menghadapi tekanan

Ilustrasi meditasiRawpixel Ltd Ilustrasi meditasi
Stres kronis, saat ini sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, meskipun dampak negatifnya terus kita rasakan. Walaupun menghilangkan stres secara keseluruhan mungkin sulit dijalani, namun kamu masih dapat mempersiapkan diri untuk bisa menghadapinya.

Sebagai contoh, diskusikanlah masalah dengan keluarga atau teman. Jangan ragu untuk meminta bantuan, jika memang diperlukan. Lakukan juga langkah-langkah untuk mengurangi stres seperti yoga maupun kegiatan lain yang bisa membuat lebih rileks.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com