Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan 13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

Kompas.com - 15/08/2019, 15:49 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tentu kamu sudah mengetahui bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan. Namun, manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Ragam manfaat lain dari air putih, dalam melumasi sendi hingga menjaga kesehatan otak pun bisa kita dapatkan.

Dalam sehari, ada batas-batas tertentu konsumsi air putih yang perlu diikuti. Jika kamu terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih, manfaat tersebut justru berkurang, dan malah membawa dampak negatif untuk kesehatan.

Manfaat air putih sangatlah beragam, sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi yang masih seringkali kurang mengonsumsi air putih, mulailah ubah kebiasaan dan dapatkan beragam keuntungan berikut ini dari air putih.

1. Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai tameng untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput. Karena itu, cukupilah kebutuhan cairan.

2. Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

Sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan tubuh ini berperan dalam berbagai proses di tubuh seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

3. Membantu melumasi sendi

Sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk menjadi bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri.

4. Menyehatkan rongga mulut

Salah satu manfaat air putih yang jarang diketahui adalah perannya untuk kesehatan gigi dan mulut. Cairan tubuh membantu pembentukan air liur di rongga mulut.

Air liur memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut, karena komponen ini adalah pembersih alami rongga mulut. Orang yang mengalami kekurangan produksi air liur, berisiko tinggi memiliki gigi berlubang.

5. Membantu menjaga tekanan darah

Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka darah juga akan terkena imbasnya. Darah akan semakin mengental, sehingga alirannya pun tidak selancar seharusya. Akibatnya, tekanan darah menjadi semakin tinggi.

6. Baik untuk sistem sirkulasi tubuh

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com