Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2019, 11:41 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Banyak orang mengabaikan keluhan pada mata berupa mata kering. Selain tidak nyaman, mata kering yang dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan peradangan, nyeri, dan tentunya mengganggu penglihatan.

Mata kering atau kurangnya pelumas alami pada mata bisa disebabkan karena faktor penuaan, penyakit diabetes, gangguan tiroid, hingga efek samping obat-obatan.

Mata kering akan menyebabkan sensasi seperti ada pasir di mata, gatal, serta seperti terbakar.

Produksi air mata kita memang akan berkurang seiring dengan usia. Namun, hidup di lingkungan yang kering, berangin, atau pun panas, juga bisa membuat penguapan di mata.

Ada banyak cara untuk memulihkan jumlah normal air mata. Menurut dokter mata dari American Optometric Association, kita juga bisa menggunakan air mata buatan yang dijual di toko obat atau minta resep dokter untuk menentukan jenis obat yang paling tepat.

Baca juga: Asap Rokok Juga Merusak Mata

Perubahan gaya hidup juga bisa membantu. Memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3 juga bisa menyehatkan fungsi mata.

Jika mata terasa kering, kompres dengan air hangat lalu pijat lembut bagian kelopak mata.

Bila Anda menggunakan lensa kontak, pilih produk dengan formula yang membuat mata tidak mudah kering. Berkediplah secara teratur saat membaca atau bekerja di depan komputer.

Saat berada di luar ruangan, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dan konsumsi 8-10 gelas air putih untuk menjaga hidrasi tubuh.

Baca juga: Bahaya Kebiasaan Menggosok Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com