Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kita Tak Benar-benar Dewasa hingga Memasuki Usia 30 Tahun

Kompas.com - 20/08/2019, 09:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Selama ini kita berpikir, usia tujuh belas tahun adalah transisi dari masa remaja ke masa dewasa. Tapi tampaknya, kita tidak secara resmi berubah menjadi orang dewasa sampai usia tiga puluhan

Sebuah penelitian baru mengungkap, bahwa kita tak benar-benar menjadi orang dewasa sampai berusia tiga puluhan.

“Apa yang sebenarnya kami katakan adalah soal definisi tentang kapan kita berpindah dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang terlihat semakin absurd,” kata Profesor Peter Jones dari Universitas Cambridge.

"Ini transisi yang jauh lebih bernuansa yang berlangsung selama tiga dekade."

"Saya kira berbagai sistem seperti sistem pendidikan, sistem kesehatan dan sistem hukum membuatnya nyaman untuk diri mereka sendiri dengan memiliki definisi," imbuhnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Tips Bugar dan Sehat di Usia 40 Tahun

Menurut Jones, sistem ini beradaptasi dengan apa yang bersembunyi di depan mata, bahwa orang tidak suka (gagasan) ulat berubah menjadi kupu-kupu,

"Tidak ada masa kanak-kanak dan kemudian dewasa. Orang-orang berada di jalurnya, mereka berada di lintasan," ujar Jones.

Masuk akal, ketika menyadari banyak perempuan menjadi seorang ibu pada usia 33 tahun.

Menurut penelitian baru oleh ahli bedah plastik Harley Street di London, kita mulai berubah menjadi sosok ibu kita di usia tiga puluhan.

Kita juga cenderung mulai mengadopsi selera dan sikap yang sama seperti ibu kita dalam beberapa tahun pertama setelah memiliki anak pertama kita.

Studi ini mengungkapkan, lebih dari lima puluh persen wanita yang disurvei mengakui bahwa mereka berhenti memberontak terhadap ibu mereka di awal usia tiga puluhan.

"Kita semua berubah menjadi orangtua kita di beberapa titik dalam kehidupan kita - dan itu adalah sesuatu yang harus dirayakan. Menjadi orangtua adalah pemicu utama dan faktor gaya hidup juga berperan penting," pungkas peneliti.

Baca juga: Rahasia Langsing Setelah Usia 40 Tahunan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com