Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2019, 15:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Banyak orangtua mengeluh beratnya materi pelajaran yang harus diterima anak-anak mereka di sekolah.

Idealnya orangtua mendampingi anak belajar dan menjadi tempat untuk membantu mereka memahami materinya. Namun, tak sedikit orangtua yang merasa tidak bisa membantu karena materinya dianggap terlalu sulit atau pun tidak punya waktu.

Mengikut sertakan anak untuk les tambahan di luar jam sekolah dianggap jadi solusi.

Ternyata hal itu bukan hanya dialami anak yang akan ujian kelulusan, saat ini pun anak usia dini sudah banyak yang mengikuti les, terutama calistung (membaca, menulis, dan menghitung).

Pada dasarnya boleh saja memberikan pelajaran tambahan jika anak kesulitan mengikut pelajaran di sekolah.

Namun, pada anak usia dini sebaiknya pilih tempat les yang bisa menyesuaikan dengan kondisi dan usia anak agar kegiatannya tidak terlalu berat. Misalnya saja les tambahan itu jadwalnya tidak terlalu padat, agar anak tidak jenuh dan kelelahan, baik fisik atau mental.

"Dalam memilih lembaga pendidikan non-formal, orangtua bisa melihat dulu materi pembelajaran yang diberikan dan apakah anak akan senang dan nyaman belajar di tempat itu," kata Marketing Executive Eye Level Indonesia, Aditiawarman.

Baca juga: Jangan Paksa Anak Belajar agar Dapat Nilai Bagus, Ini Dampak Buruknya

Bantuan buku untuk TK dan Paud dari Eye Level Indonesia.Dok Eye Level Indonesia Bantuan buku untuk TK dan Paud dari Eye Level Indonesia.

Ia menambahkan, orangtua bisa mencari tempat les yang materinya akan disesuaikan dengan kemampuan anak dengan level yang berbeda-beda.

"Dengan begitu anak semangat belajar, bukan hanya fokus agar nilainya bagus di sekolah dalam waktu singkat," katanya.

Sebagai lembaga pendidikan non-formal yang mengkhususkan pada pelajaran bahasa Inggris dan Matematika, saat ini Eye Level Indonesia, bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk pemberian buku materi pelajaran.

Saat ini disediakan 500 buku dan juga dana renovasi untuk masing-masing sekolah, terutama sekolah PAUD dan TK.

"Kami sangat menerima jika ada sekolah yang mengajukan diri untuk kami berikan buku dan dana renovasi. Bisa menghubungi ke 536-63388," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com