Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2019, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jerawat merupakan masalah kulit utama orang Indonesia. Sebagian besar orang harus melewati masa remajanya dengan masalah jerawat di wajah. Namun, beberapa orang jerawatnya baru muncul di atas usia 20 tahun.

Dalam dunia kedokteran, jerawat atau acne merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan adanya komedo. Jerawat yang umumnya muncul di area wajah, bahu, atau punggung ini, bisa dalam kondisi meradang dan tidak meradang.

Dokter spesialis kulit Sammy Yahya menjelaskan, sifat jerawat bisa muncul pada segala usia, dari bayi hingga paruh baya.

"Pada bayi disebut acne neonatorum, ada juga jerawat pada fase anak, fase remaja, dewasa, bahkan di usia di atas 50 tahun," ujar dokter Sammy.

Pada usia remaja, jerawat lebih banyak dialami laki-laki, sementara di usia dewasa muda masalah kulit ini mayoritas diderita perempuan.

Faktor utama munculnya jerawat adalah hormon. Itu sebabnya masalah kulit ini paling rentan dialami remaja yang sedang mengalami perubahan hormonal.

Baca juga: 6 Jenis Vitamin dan Nutrisi Penting demi Kulit Bebas Jerawat

Ada juga orang yang hormonnya stabil di usia remaja, namun di usia tertentu mulai terjadi ketidakseimbangan hormonal.

"Perubahan hormonal itu bisa merangsang peningkatan kelenjar minyak, merangsang pertumbuhan kulit mati yang berlebihan, sehingga pori-pori tersumbat," papar dokter dari Klinik Skinda Dermatology Jakarta ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com