Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2019, 11:25 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang mengenal Didiet Maulana sebagai perancang busana yang sering mengangkat kain-kain Nusantara dalam karya-karyanya.

Tapi tahukah kamu bahwa desainer kondang itu juga punya minat di bidang kuliner? Ya, Didiet yang memang menyukai masakan Jepang tersebut, kini mewujudkan minat tersembunyinya dengan membuka gerai steak ala negeri matahari terbit.

Gerai bernama J Steak atau Japanese Steak di Jalan Mahakam Jakarta yang memiliki 28 kursi itu didesain menyerupai tempat makan steak di Tokyo.

Tempat duduknya berjajar, dengan meja yang bisa dipakai bersama, mirip dengan warung-warung yang bertebaran di kawasan Shinjuku. Di ruangan yang simpel itu, dndingnya dihiasi foto-foto bertema tempat makan gaya Jepang.

"Aku memang suka sekali sama Jepang, sehingga punya ide untuk membuat gerai steak yang inspirasinya didapat dari sana," ujar Didiet saat memperkenalkan J Steak, Senin (26/8/2019).

Lalu bagaimana masakannya?

Salah satu menu di j Steak, JakartaKompas.com/Wisnubrata Salah satu menu di j Steak, Jakarta
J Steak menyediakan berbagai jenis daging sapi pilihan yang dimasak ala Jepang. Di sini, kita dapat memilih berat daging yang ingin kita santap, mulai dari 120 gram, 150 gram, hingga 300 gram.

Daging tersebut akan ditimbang, kemudian dimasak di dapur yang berdinding kaca, di mana kita bisa menyaksikan prosesnya. Kita juga bisa memilih tingkat kematangan sesuai selera masing-masing.

Siang itu, Kompas.com sempat mencoba menu Ichiban dari daging tenderloin wagyu Australia. Menu ini disediakan bersama jagung dan wortel.

Saat hidangan dihantarkan, aroma daging panggang dan wangi bawang bombay tercium, bersamaan dengan suara mendesis dari hotplate.

"Kami memang tidak hanya ingin memanjakan lidah dengan rasa yang lezat, namun juga mengajak indra lain merasakan. Seperti suara proses pematangan daging di hotplate, serta aroma harum daging yang tercium," ujar Didiet.

Saus istimewa yang disediakan J SteakKompas.com/Wisnubrata Saus istimewa yang disediakan J Steak
Berbeda dengan restoran steak model barat yang biasanya menyertakan saus mushroom atau lada hitam, di J Steak saus yang tersedia adalah gaya Jepang.

Pilihannya adalah J Steak Special, dengan aroma wijen, bawang dan rasa manis, lalu Wasabi Glaze, yang merupakan perpaduan teriyaki dan wasabi, serta Negigo (negi adalah daun bawang, dan go berasal dari kata goma atau wijen) yang rasanya pedas.

Adapun daging tenderloin yang dimasak dengan kematangan medium terasa juicy dan memiliki tekstur yang empuk.

Rasa daging ini juga tidak tertutupi rasa saus yang sering kita dapatkan di restoran model barat. Jadi kita masih bisa merasakan rasa-rasa manis dan gurih di dagingnya.

Perpaduan daging dengan wortel dan jagung yang dimasak khusus akhirnya juga terasa saling melengkapi.

Menu lain yang dipromosikan Didiet untuk dicoba adalah garlic rice, yaitu semacam nasi goreng yang diberi taburan bawang. Ada juga teppan gohan, yaitu daging panggang yang dipotong-potong dan disajikan di atas telur.

Adapun Didiet Maulana membuka gerai ini bersama beberapa rekannya, termasuk pembawa acara Surya Utama atau dikenal dengan Uya Kuya.

Nah, bila kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi J Steak untuk mendapatkan steak citarasa Jepang. Tapi ingat, di sini pesan makanan ya, bukan pesan busana...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com