Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Halodoc Luncurkan Layanan “Buat Janji Dokter Online”

Kompas.com - 29/08/2019, 13:14 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Salah satu keluhan pasien ketika berurusan dengan dokter di rumah sakit adalah panjangnya antrean untuk berobat. Terkadang, waktu tunggu antrean lebih lama dibanding waktu berkonsultasi dan pemeriksaan.

Bukan cerita baru jika ada pasien yang terkadang harus menunggu sampai 2 jam untuk memeriksakan diri ke dokter langganannya.

Padahal, pemerintah sudah menetapkan standar minimal pada tiap pelayanan kesehatan. Misalnya pada pasien rawat jalan, standar waktu tunggunya tidak lebih dari 60 menit sejak pasien mendaftar hingga dilayani oleh dokter.
Standar pelayanan minimal ini tercantum pada aturan Kemenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008.

Untuk memudahkan akses pasien terhadap dokter, aplikasi Halodoc memperkenalkan layanan terbarunya, yaitu "Buat Janji Dokter Online".

IlustrasiDok Halodoc Ilustrasi
Melalui layanan ini, pasien tinggal membuat janji dengan dokter secara online di rumah sakit pilihan dan datang sesuai waktu yang ditentukan.

Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memangkas antrean panjang di rumah sakit, sekaligus memastikan pasien dapat bertemu dokter tanpa harus khawatir slot penuh.

Menurut CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, layanan jani temu dokter ini dapat dimanfaatkan oleh pasien BPJS dan reguler.

"Untuk menggunakannya, pasien hanya perlu masuk ke bagian 'Rumah Sakit' di situs resmi Halodoc. Kemudian, pilih rumah sakit yang ingin dikunjungi dan tentukan jenis pendaftaran. Selanjutnya pasien tinggal memilih jenis perawatan berdasarkan poliklinik, pilih dokter, lalu tentukan tanggal dan waktu konsultasi," kata Jonathan melalui press release.

Setelah menentukan jadwal, pasien hanya perlu mengisi data yang diminta. Pihak Halodoc nantinya akan mengirim permintaan janji konsultasi ke rumah sakit. Apabila sudah disetujui, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor ponsel pasien via SMS.

Selanjutnya, pasien hanya perlu datang ke rumah sakit 30 menit sebelum jadwal konsultasi, lalu tunjukkan kode verifikasi untuk konfirmasi kehadiran.

Saat ini layanan “Buat Janji Dokter Online” sudah dapat digunakan di 40 RS, di antaranya RS Premier Bintaro, RS Wiyung Sejahtera Surabaya, RS Premier Jatinegara, RS Delta Surya Sidoarjo, RS Semen Gresik Surabaya, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), RS Royal Taruma Jakarta, RS Duta Indah Jakarta, dan RS Royal Surabaya.

"Halodoc akan terus memperluas layanan hingga 100 RS tahun ini," kata Jonathan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com