Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2019, 12:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Melacak siklus menstruasi tidaklah hanya sekedar menandai titik merah di sebuah kalender masa subur, dan berharap datang pada waktu yang sama di bulan selanjutnya.

Akan tetapi, kalender masa subur kini menjadi lebih canggih berkat kemajuan teknologi. Ini dia manfaat kalender masa subur yang bisa kamu ketahui!

1. Membantu hasil olahraga lebih maksimal
Sinkronisasi siklus menstruasi dengan kelas gym atau yang melibatkan fisik akan memberikan keuntungan besar saat berolahraga.

Dalam minggu kedua, tepat setelah masa menstruasi, peningkatan estrogen dalam tubuh berarti seorang wanita memiliki lebih banyak energi dan toleransi yang tinggi untuk berolahraga.

Tetapi, minggu ketiga yaitu ketika kombinasi estrogen dan progesterone dalam tubuh membuatnya jauh lebih efesien dalam membakar lemak.

Baca juga: 5 Tanda Gangguan Hormon yang Picu Kegemukan

2. Mampu meningkatkan kemampuan kerja
Tengah mencoba untuk bisa dipromosikan dalam pekerjaan? Dengan melacak siklus menstruasi lewat kalender masa subur dapat membantu peningkatan kinerja saat bekerja.

Menurut ahil psikoterapi, Dr. Harper, wanita cenderung merasa lebih produktif dan fasih selama dua minggu dari siklus mereka.

Namun, selama minggu ketiga, kamu mungkin bisa menghidari presentasi yang menuntut serta menekan.

“Tingkat esterogen dan testosterone akan merosot setelah ovulasi. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita menjadi kurang pintar dan tak pandai berbicara selama fase ini, Jadi ada baiknya mempertimbangkan untuk merencanakan komitmen kerja dalam hal ini,” ucapnya.

Baca juga: Ini Akibatnya jika Kadar Hormon Estrogen Terlalu Tinggi

3. Kelola kalender sosial
Mengatur pertemuan dengan para teman? Kamu mungkin harus mempersiapkan siklus yang sesuai agar tidak mengganggu. Di sinilah manfaat kalender masa subur semakin terasa.
Seminggu sebelum menstruasi biasanya kamu akan merasa lelah dan lamban. Jadi, ada baiknya untuk mendapatkan me time.

Untuk pengingat, kamu bisa mengatur pemberitahuan di ponsel dua hari sebelum periode menstruasi dimulai

Lalu, tunggu hingga kadar estrogen (pengangkat suasana hati) dan testosteron (penambah energi) naik setelah beberapa hari memasuki masa menstruasi.

4. Melacak waktu subur
Berkeinginan untuk hamil atau berusaha menghindari? Nah, lewat kalender masa subur kini melacak siklus menstruasi lebih populer dibanding kontrasepsi.

Bagi kebanyakan wanita, masa subur terjadi di antara 12 dan 16 hari sebelum menstruasi dimulai, dan yang paling tidak subur adalah hari-hari terakhir setelah menstruasi berakhir.

5. Membantu tidur nyenyak
Setelah mengetahui kapan harus menghindari beberapa pertemuan, mengetahui siklus haid juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Pada saat menjelang, selama, dan tepat setelah minggu haid, suhu tubuh wanita naik, dan mengalami kurang tidur akibat gerakan mata yang cepat (REM), sehingga perlu berjuang lebih untuk bisa tidur.

Untuk membantu, batasi kafein setelah tengah hari, berolahraga di pagi hari dan di malam hari, serta tetap tidur pada waktu yang konsisten untuk membantu mengatur ritme tubuh.

Baca juga: Melihat Perubahan Fase Menstruasi Seiring Bertambahnya Usia

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Parenting.Orami.co.id

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com