Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2019, 14:39 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Jika sudah meradang, jerawat akan terasa nyeri dan sangat mengganggu. Terlebih, setelah mengempis, kadang bisa timbul noda bekas jerawat yang menghitam.

Agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur berikut:

1. Jaga kebersihan wajah

Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Lembapkan wajah

Banyak produk perawatan kulit yang berformula keras sehingga membuat kulit kering. Gunakan pelembab agar kulit senantiasa lembut, kenyal, dan kencang.

Cari produk berlabel "noncomedogenic" yang bersifat anti jerawat. Ada beberapa pelembap yang dirancang untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

3. Teliti produk jerawat yang dijual bebas 

Sebagian besar produk jerawat mengandung bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat.

Bahan ini mencegah bakteri namun membuat kulit kering. Pilihan lain adalah gel retinoid topikal yang bisa mencegah jerawat.

4. Hindari make-up tebal

Menggunakan riasan wajah atau makeup tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih.

Jika kamu harus memakai makeup, bersihkan makeup dengan baik sebelum tidur. Pilih jenis kosmetik bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel "noncomedogenic," yang tidak menyebabkan jerawat.

5. Pilih produk rambut yang tepat

Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com