Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sneaker Penghormatan untuk Pebasket Legendaris Julius Erving

Kompas.com - 05/09/2019, 08:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain Chuck 70 Hi, siluet Converse lain yang tak kalah menarik adalah Pro Leather. Siluet ini pernah dipakai pebasket NBA Julius Erving ketika tahun 70-an dan 80-an.

Tak ayal jika sepatu tersebut menginspirasi banyak orang, termasuk Ibn Jasper yang tumbuh besar di Chicago tahun 80-an.

Ibn Jasper merupakan barber, pemain skate, desainr dan stylist kenamaan. Salah satu klien loyal Jasper adalah Kanye West.

Dilansir laman Hypebeast, Ibn mendapat kesempattan berkolaborasi dengan Converse untuk mendesain sepatu dengan siluet Pro Leather.

Dalam kolaborasi ini, Ibn menafsirkan kembali klasik dengan cara menggabungkan basket, skating, dan musik.

Ibn mencatat, estetika sepatu itu didasarkan pada foto Dr. J (panggilan Julius Erving) berjalan ke lapangan dengan pakaian serba putih.

"Saya berpikir dalam hati, 'Bagaimana bisa menyaring gambar dan suasana ini menjadi koleksi kapsul?'," kata Ibn.

Baca juga: Converse Luncurkan Sepatu dari Plastik Daur Ulang

Detail sepatu ini menarik, yakni leather putih dengan suede abu-abu di dekat midsole, membuat sneakers terlihat sederhana, namun elegan. Tampilan itu juga dianggap penghormatan terhadap gaya dan warisan Erving.

Selain itu juga terdapat berupa angka-angka Romawi yang timbul di dekat kerah, yang memberikan tampilan historis jika dilihat saat masa kini.

Rincian lebih lanjut adalah ritsleting dari vertikal ke bawah pada sistem tali sepatu, dubrae renda "1976" sebagai penanda awal sepatu dibuat, snaked embossed tongue, hingga logo Stripe dan Star yang diembos pada bagian tumit dan medial.

Terakhir, sepatu diberikan sentuhan interior kulit merah muda, serta outsole krem. Sepatu tersebut bakal dirilis secara global pada 26 September dengan harga 120 dolar AS atau Rp 1,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com