Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Penghilang Dahaga, Ini 3 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan

Kompas.com - 09/09/2019, 15:07 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Air mineral selalu digadang-gadang sebagai minuman sehat dan aman untuk semua orang. Diambil dari mata air dan mengandung sejumlah mineral baik dan senyawa alami lainnya yang baik untuk kesehatan.

Minum air mineral kemungkinan meningkatkan kadar bikarbonat, kalsium, fluoride, magnesium, sodium, dan sulfat.

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) memperkirkan setiap botol air mineral mengandung rata-rata kurang dari 250 parts per million (ppm) – konsentrasi massa kimiawi - dari total padatan terlarut dari sumber air alami.

Karena jumlah mineral yang tinggi, para ahli percaya bahwa air mineral memberikan sejumlah efek positif.

Baca juga: Air Mineral Juga Punya Masa Kadaluarsa

Selain hidrasi, yang merupakan tujuan umum air, konsumsi air mineral dalam jumlah yang tepat secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan, dari jantung hingga tulang.

Manfaat air mineral untuk kesehatan

Salah satu efek kesehatan yang mengejutkan dari air mineral adalah peningkatan kesehatan jantung.

Studi sebelumnya menunjukkan, bahwa minum 17 hingga 34 ons air mineral berkarbonasi per hari membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada wanita pascamenopause.

Para peserta juga memiliki kolesterol baik yang lebih tinggi di dalam tubuh mereka, yang melindungi mereka dari masalah jantung.

1. Menjaga tekanan darah

Para peneliti menemukan, bahwa konsumsi air yang tinggi magnesium dan kalsium secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Dalam satu penelitian, minum 34 ons air mineral alami setiap hari membantu 70 orang dewasa mengelola tekanan darah tinggi.

2. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat kesehatan air mineral juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Itu karena jumlah kalsium, bikarbonat, dan magnesium yang tinggi.

Kalsium sendiri dapat membantu membangun tulang yang lebih kuat di semua tahap kehidupan.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa tubuh manusia dapat menyerap kalsium dari air mineral yang mirip dengan produk susu.

3. Mengurangi sembelit

Magnesium dalam air mineral dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Mineral ini bekerja dengan membiarkan air mengalir ke usus, yang membantu mengendurkan otot-otot usus, membuat tinja lebih lembut, dan meningkatkan pergerakan usus.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com