Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita Insomnia, Cek Apakah ada Gangguan Perilaku Saat Kecil

Kompas.com - 11/09/2019, 14:46 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Gangguan perilaku yang dialami di usia anak-anak bisa berpengaruh jangka panjang. Salah satunya adalah kesulitan tidur (insomnia) saat dewasa.

Gangguan perilaku, terutama yang dialami di usia 5-10 tahun, antara lain perundungan (bullying), sikap gampang marah, dan sulit beristirahat, merupakan contoh yang bisa berpengaruh pada gangguan tidur.

Temuan itu dihasilkan dari studi yang dilakukan tim dari Flinders University, Australia, yang menganalisa data dari studi populasi jangka panjang, dari usia bayi sampai 42 tahun, di Inggris.

"Hasil studi menunjukkan hubungan yang konsisten antara masalah perilaku di masa anak-anak dengan gejala insomnia di usia dewasa," kata peneliti kesehatan tidur Dr.Robert Adams.

Gangguan perilaku yang dialami oleh responden dalam studi tersebut dilaporkan oleh orangtua, termasuk kasus anak bertengkar, merusak barang di rumah, mencuri, atau pengabaian.

Masalah perilaku dan emosi pada anak-anak bisa bersifat sementara dan membaik dengan sendirinya, tapi banyak juga yang sebenarnya butuh pemahaman dan kesabaran orangtua untuk membantu mengatasinya.

Pada banyak kasus, terkadang anak membutuhkan bantuan profesional, seperti psikolog, untuk mengatasi sumber masalahnya.

Konseling dengan profesional bidang psikologi akan membantu anak mengontrol kemarahannya, bagaimana menghadapi emosinya, dan bagaimana menyampaikan kebutuhan mereka kepada orangtua secara lebih efektif.

Baca juga: Kiat Mudah Taklukan Insomnia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com