Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Tiket Bioskop, Berapa Lama Orang Indonesia Harus Bekerja?

Kompas.com - 12/09/2019, 12:27 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CupoNation

KOMPAS.com - Menonton film di bioskop bisa menjadi salah satu cara untuk melepas penat. Bahkan, banyak orang yang menjadikannya sebagai hobi meski tiketnya tidak bisa dibilang murah.

Setiap kota di Indonesia memang memiliki harga tiket yang cenderung berbeda, yakni berkisar Rp 35.000 hingga Rp 75.000 untuk film yang tayang saat hari libur atau akhir pekan.

Namun, bagi pecinta film, tiket tersebut sebanding dengan kepuasan yang didapat saat menyaksikan film yang mereka tunggu di layar bioskop.

Harga tiket bioskop tiap kota dan negara memang bervariasi. Banyak yang mengatakan, harga tiket di Indonesia lebih murah dibanding negara lain.

Menurut riset dari portal diskon Indonesia, CupoNation, rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 2,4 jam untuk membeli selembar tiket bioskop yang tayang di hari Senin sampai Kamis.

Agar mampu membeli tiket yang tayang di hari Jum'at, tangal merah dan akhir pekan, orang Indonesia harus bekerja selama 3,4 jam.

Baca juga: Daftar 7 Film yang Tayang di Bioskop pada Bulan September

Kota dengan jam kerja terlama

Di Indonesia, mereka yang bekerja di Semarang perlu waktu terlama agar bisa membeli tiket bioskop yang tayang setiap akhir pekan atau tanggal merah, di mana mereka perlu waktu 5,5 jam.

Posisi berikutnya ditempati oleh Tasikmalaya dan Banjarmasin, di mana mereka yang mencari rezeki di kota tersebut masing-masing perlu bekerja 5,3 jam dan 4,5 jam agar bisa membeli sebuah tiket nonton.

Berdasarkan riset, berikut 10 kota dengan durasi kerja terlama agar bisa membeli tiket nonton bioskop:

Daftar kota dengan jam kerja terlamaCupoNation Daftar kota dengan jam kerja terlama

Kota dengan jam kerja tersingkat

Mereka yang beruntung adalah orang-orang yang bekerja di Jakarta. Meski jakarta bukan kota dengan tiket bioskop termurah, namun mereka yang mencari nafkah di ibukota hanya perlu bekerja 1,6 jam agar bisa nonton di bioskop pada akhir pekan atau tanggal merah.

Kota berikutnya dengan waktu kerja tersingkat adalah Palembang dan Balikpapan, di mana masing-masing orang hanya butuh 2 jam bekerja agar bisa membeli sebuah tiket nonton di akhir pekan atau tanggal merah.

Baca juga: Ini Besaran Gaji dan Fasilitas yang Didapatkan Anggota DPRD

Berdasarkan riset, berikut 10 kota dengan durasi kerja tersingkat agar bisa membeli tiket nonton bioskop:

Daftar kota dengan jam kerja tersingkatCupoNation Daftar kota dengan jam kerja tersingkat

Riset ini dilakukan dengan menganalisa harga tiket bioskop terbaru (2D) yang tayang serentak di 191 studio dalam 46 kota.

Data tiket dikumpulkan melalui website resmi Cinema 21 pada 11 July 2019. Kota dengan harga tiket bioskop termurah dan termahal di rangking berdasarkan HTM paling murah untuk setiap kota dan kemudian membandingkannya dengan upah minimum di masing-masing kota.

 Baca juga: Jangan Biarkan Gaya Hidup Bikin Anda Bangkrut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CupoNation

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com