Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2019, 15:13 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai tempat mengolah bahan makanan dapur adalah ruangan di rumah yang sulit untuk dijaga tetap rapi. Terutama karena dapur orang Indonesia dipakai untuk memasak dengan memakai banyak bumbu dan juga minyak.

Meski begitu, bukan berarti dapur tak bisa dijaga agar tetap rapi. Salah satunya dengan pemilihan perabotan dan desain yang tepat.

Co-founder Ferrarini & Co sekaligus desainer interior dari Philadelphia, Matthew Ferrarini dikenal dengan keahliannya merenovasi dan menata area dapur, berbagi tipsnya. Termasuk cara membuat dapur terus terlihat rapi dan fungsional dengan trik desain interior. Seperti apa triknya?

1. Memilih lemari yang tepat

Panci-panci, penggorengan, hingga oven, merupakan barang-barang berukuran besar yang menjadi penghuni dapur. Trik agar keberadaan alat masak itu tak berantakan adalah dengan memilih lemari yang bisa menyembunyikan semua barang-barang tersebut setelah selesai digunakan.

Ferrarini menggunakan lemari bergaya minimalis dengan pintu kayu yang kuat sehinggabisa menyimpan semua peralatan dapur di dalamnya. Kamu tak membutuhkan banyak lemari, hanya perlu satu lemari untuk menyimpan segalanya.

Baca juga: Panduan Melakukan Detoks Dapur

2. Susun sesuai fungsi

"Tiga hal yang selalu aku perhatikan adalah alur, fungsi dan perasaan," kata Ferrarini soal gaya desainnya.

Misalnya, dengan menggabungkan alat-alat seperti panggangan roti dan coffee maker serta alat lainnya di satu sisi, kamu bisa menjaga sisi lainnya tetap rapi untuk keperluan lain.

3. Tetap minimalis

Terinspirasi dari desain minimalis ala Skandinavia dan Jerman, Ferrarini membuang tempat penyimpanan di bagian atas lemari yang biasanya memberi kesan tidak rapi. Sebagai gantinya, kamu bisa meletakkan lemari panjang untuk menyimpan barang-barang yang biasanya terlihat dari luar.

4. Gunakan furnitur untuk menyimpan

Untuk menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan, Ferrarini menggunakan furnitur custom untuk "menyembunyikan" tempat cuci piring. Selain tampak lebih bersih, furnitur tersebut juga bisa digunakan untuk meletakan barang lainnya.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan dan Merapikan Dapur

5. Masukkan barang dalam laci

Jika lemari tampak terlalu mengundang perhatian, simpan barang-barang dalam laci yang seringkali lebih fungsional. Kamu juga bisa menjaga meja agar tidak berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com