Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Masa Kelam Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles...

Kompas.com - 13/09/2019, 17:44 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber cheatsheet

KOMPAS.com - Putri Diana menikahi Pangeran Charles pada tahun 1981, dan di mata dunia penikahan itu bakal langgeng selamanya. Namun para penggemar keluarga kerajaan sudah mengetahui bahwa hal itu sulit terjadi.

Pangeran Charles bahkan berselingkuh dengan wanita yang kemudian dinikahinya, Camilla Parker Bowles.

Bahkan, sejak tahap awal hubungan, sulit bagi Diana untuk berjuang dan belajar lebih banyak tentang apa yang diharapkan suaminya dari dia.

Menurut buku Sally Bedell Smith, Pangeran Charles: The Passions and Paradoxes of a Improbable Life, sejak awal memang sudah ada kekacauan dalam hubungan itu.

Bedell Smith, yang juga dikenal sebagai seorang pakar kerajaan, mengatakan masalah muncul karena perhatian publik terhadap Diana.

Baca juga: Mengenal Diet ala Putri Diana dan Makanan yang Jadi Pantangannya...

Dia jelas disukai oleh orang-orang, dan Diana pun merasa perhatian publik pun lebih besar terhadap dia dibandingkan kepada Pangeran Charles.

"Pangeran malu karena publik begitu jelas memberikan dukungan kepada Putri Diana daripada kepada dia," tulis Bedell Smith.

"Sementara itu, Putri Diana justru terganggu dengan perhatian yang tidak proporsional itu, terutama ketika dia menyadari bahwa kondisi itu mengganggu Charles."

Diana jelas memasuki periode gelap dalam perjalanan rumah tangganya. Satu-satunya penghiburan kala itu adalah kehadiran Pangeran William, putranya.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, pasangan ini hanya berkencan 12 kali sebelum bertunangan. Mereka menikah hanya lima bulan kemudian.

Ada juga kisah perselingkuhan Charles dengan Camilla Parker Bowles yang sama sekali tidak membantu memperbaiki hubungan Charles dan Diana.

Baca juga: Tanpa Cinta, Mengapa Pangeran Charles dan Putri Diana Tetap Menikah?

Diana, saat berbincang dengan wartawan BBC Martin Bashir, berbicara terbuka tentang pernikahan, dan perjuangannya dengan kasus perselingkuhan dan juga bulimia.

Dia juga membahas perselingkuhan Charles dengan Camilla, dengan mengatakan, "ada tiga pihak dalam pernikahan ini, urusannya jadi agak ramai."

Perceraian mereka baru rampung di tahun 1996, hingga Diana pun kehilangan gelar kebesaran kerajaan. Charles pula yang berkeras agar Diana harus melepaskannya.

Dia kemudian diberi gelar Diana, Putri Wales. Dengan itu, dia pun kini harus membungkukkan badan kepada anggota Keluarga Kerajaan yang memiliki gelar lebih tinggi.

Halaman:
Sumber cheatsheet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com