Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tampil Lebih Unggul Dibanding Kandidat Pencari Kerja Lain

Kompas.com - 16/09/2019, 12:01 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah peluang menanti para profesional muda yang ingin mengukir prestasi di dunia korporat. Namun, untuk mencapainya, kamu harus menonjol dan membedakan diri dari para kandidat lain yang juga sangat menginginkan peluang tersebut.

Bagaimana cara membedakan diri dari kandidat lainnya?

Dengan berhati-hati dalam merencanakan pencarian kerja dan mengambil langkah proaktif selama proses pencarian, kamu bisa selangkah di depan dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diincar.

Situs pencari kerja JobStreet.com berbagi panduan dan lima langkah untuk membantu kamu sukses dalam mencari pekerjaan.

1. Tentukan keterampilan dan minat dengan jelas

Umumnya, para pencari kerja yang belum berpengalaman akan mencari pekerjaan hanya berdasarkan pada gelar pendidikan atau pekerjaan sebelumnya.

Nyatanya, pada masa di mana fungsi pekerjaan telah didefinisikan secara luas, akan lebih baik jika mendefinisikan aset, keterampilan terbaik, serta minat terlebih dahulu sebelum mulai mencari pekerjaan.

Hanya karena kamu memiliki gelar sarjana teknologi informasi (IT), bukan berarti harus bekerja sebagai seorang system administrator atau technical support specialist.

Ada beragam pekerjaan di luar sana yang dapat dipilih, selama dapat mendefinisikan keterampilan dan minat dengan jelas.

Mulailah bertanya kepada diri sendiri, “Bidang apa yang benar-benar saya kuasai? Hal-hal apa yang paling saya sukai? Hal apa yang paling berharga bagi diri saya?”

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diri sendiri, kamu dapat menyingkirkan keraguan akan apa yang ingin dikerjakan dan mulai menemukan suatu arah tujuan dalam pencarian kerja.

Baca juga: Ada Beberapa Tawaran Kerja? Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memutuskan

2. Ciptakan sebuah resume yang menonjol

Ilustrasi surat lamaran kerja.SHUTTERSTOCK/Fizkes Ilustrasi surat lamaran kerja.

Banyak kandidat meremehkan kekuatan sebuah resume yang ditulis dengan baik. Padahal, pengaruhnya sangat besar.

Jika masih berada di tahap awal pencarian pekerjaan, akan sangat berguna untuk memiliki sebuah master resume yang dapat disesuaikan dengan jenis pekerjaan atau posisi yang dilamar.

Daripada membuat beberapa versi resume dari awal lagi, kamu bisa memiliki satu master resume yang mudah diubah menjadi sesuatu yang berbeda kapan pun diperlukan.

Yang perlu diingat adalah, resume merupakan kesempatan pertama untuk membuat kesan pertama yang baik. Resume harus dapat mencerminkan kepribadian diri, namun pada saat yang sama juga menonjolkan keterampilan dan pengalaman khusus yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Salah satu tren terpopuler saat ini adalah untuk memiliki komponen visual/grafis dalam resume, sehingga alih-alih hanya berisi teks, resume juga dilengkapi dengan elemen visual seperti grafik, bagan, tipografi, dan bahkan gambar.

Namun pada akhirnya, inti dari segala komponen tersebut adalah substansi atau isi resume. Pastikan bahwa resume tersebut berhasil mengutarakan pesan yang ingin disampaikan dengan jelas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com