Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermasalah atau Tidaknya Kesehatan Mulut Berefek pada Kesehatan Otak

Kompas.com - 17/09/2019, 07:51 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology pada 2010 mengungkapkan, bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung hingga 20 persen, meskipun penelitian lebih lanjut di bidang ini masih diperlukan.

Di sisi lain, tim peneliti dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, saat ini mengamati hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan otak.

Sebuah bukti, yang menghubungkan kesehatan mulut dengan penurunan fitur kognitif seperti memori dan fungsi eksekutif ditemukan dalam ulasan yang baru-baru ini diterbitkan dari 23 studi.

Para peneliti dari Rutgers University melakukan dua studi terpisah yang keduanya telah muncul dalam Journal of American Geriatrics Society.

Baca juga: Bau Mulut hingga Sembelit, Ini 6 Akibat Kebanyakan Protein

Dua studi itu melihat penurunan kognisi dan stres yang dirasakan pada orang dewasa China Amerika yang berusia paling tidak 60 tahun.

XinQi Dong, direktur Institut Kesehatan, Kebijakan Perawatan Kesehatan, dan Penelitian Penuaan Universitas Rutgers, menjelaskan bahwa kelompok ras dan etnis minoritas secara khusus rentan terhadap dampak negatif dari kesehatan mulut yang buruk.

"Minoritas kurang memiliki akses untuk pencegahan dan perawatan gigi, yang semakin diperburuk oleh hambatan bahasa dan status sosial ekonomi yang rendah," katanya.

Dong melanjutkan, bahwa orang China Amerika yang lebih tua berisiko mengalami gejala kesehatan mulut, karena kurangnya asuransi gigi atau tidak secara teratur mengunjungi klinik gigi.

Baca juga: Sering Gosok Gigi tapi Masih Bau Mulut? Mungkin Ini Penyebabnya...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com