Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2019, 12:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah yang bersih terawat bukan cuma membuat penghuninya nyaman, tapi juga sehat. Mungkin masih banyak dari kita yang mengabaikan kebiasaan-kebiasaan kecil di rumah yang ternyata bisa menimbulkan penyakit.

Kebiasaan seperti malas mengelap debu misalnya, lama kelamaan akan menumpuk dan bisa menimbulkan gejala pada penderita asma. Masih ada banyak kebiasaan buruk lainnya yang mengancam kesehatan penghuni rumah yang sering tidak disadari. Apa saja?

1. Terlalu lembap

Rumah yang lembap adalah hal normal. Biasanya kelembapan terbawa dari aktivitas seperti mandi, memasak, bahkan bernafas. Namun, jangan biarkan tingkat kelembapan terlalu tinggi.

Jamur suka dengan lingkungan lembap. Kelembapan berlebih di rumah, biasanya banyak pada pojok ruangan atau langit-langit, bisa menyuburkan pertumbuhan jamur.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan, jamur bisa menyebabkan masalah pernafasan, iritasi tenggorokan, batuk atau bersin, iritasi mata, bahkan kulit.

Baca juga: Punya Penyakit Kulit Eksim? Ini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

2. Tidak membersihkan ventilasi

Meski tidak terlalu kelihatan, tapi saat membersihkan rumah jangan lewatkan bagian ventilasi.  Ventilasi membawa banyak sekali debu dari udara. Ketika kamu menyalakan pemanas atau pendingin ruangan, partikel debu tersebut akan tersebar ke dalam rumah.

Lepaskan penutup ventilasi dan membersihkannya atau memanggil profesional agar pembersihannya maksimal.

.SHUTTERSTOCK .

3. Kamar mandi minim ventilasi

Kamar mandi juga memerlukan ventilasi yang cukup. Kelembapan berlebih di kamar mandi tidak hanya bisa menyebabkan cat dinding cepat rusak, tetapi juga memicu pertumbuhan jamur.

Menurut Agensi Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, jamur bisa tumbuh subur di dalam ruangan, merusak rumah dan mengganggu kesehatan.

Baca juga: 6 Desain Kamar Mandi MInimalis yang Mudah Dibersihkan

4. Menggunakan pembersih rumah yang salah

Produk pembersih akan menempel pada permukaan perabotan rumah dan bisa terhirup. Beberapa produk kimia seperti produk mandi, sabun cuci, pemutih, dan lainnya, ternyata juga meningkatkan risiko kerusakan saluran pernafasan dan paru-paru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com