Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2019, 20:14 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Aftermath

KOMPAS.com - Ratusan polisi dikerahkan untuk mengamankan aksi demonstrasi elemen mahasiswa di halaman Kompleks Parlemen, Selasa (24/9/2019).

Selasa sore, polisi menembakkan gas air mata ke arah luar sehingga menyebabkan kepanikan. Tak hanya massa aksi yang panik, namun juga orang-orang yang berada di dalam Kompleks Parlemen.

Gas air mata dapat menimbulkan efek rasa sakit hanya dalam beberapa detik. Oleh karena itu, segera setelah terkena gas air mata pastikan kamu membersihkannya. Perhatikan pula cara membersihkan yang aman.

Berikut tahap membersihkan gas air mata seperti dilansir dari laman Aftermath:

1. Tahan napas

Bernafas ketika gas air mata ditembakkan bisa menyebabkan sakit pada bagian dada, peningkatan produksi ingus hingga muntah.

Baca juga: Terkena Efek Gas Air Mata, Segera Lakukan Ini

2. Ketika memungkinkan, tutup matamu

 

Menutup mata bisa mencegah partikel chlorobenzalmalononitrile (CS) -senyawa umum yang ditemukan dalam gas air mata- masuk ke dalam mata dan saluran air mata.

3. Keluar dari lokasi

Semakin cepat kamu keluar dari area, semakin cepat pula rasa sakit pada mata hilang.

4. Bilas mata mulai dari bagian dalam ke arah luar mata

Hindari menggunakan air yang telah terkontaminasi tersebut untuk membilas kulit atau pakaian. Jika menggunakan lensa kontak, segera lepaskan agar mata bisa dibilas.

Baca juga: Pukul 18.30 WIB, Polisi Mundur Setelah Dilawan Massa Mahasiswa, Gas Air Mata Ditembakkan

5. Cuci tangan

Hal ini untuk memastikan kamu tidak lagi mengontaminasi mata dan wajahmu serta mencegah kontaminasi dari orang lain yang berkontak denganmu.

6. Ganti pakaian

Jika hal ini tidak bisa dilakukan segera, tepuk-tepuk pakaianmu sambil menghadap angin. Sehingga partikel gas air mata tidak terkena wajah dan matamu kembali.

7. Mandi air dingin

Air hangat akan membuka pori-pori kulit, sehingga bahan-bahan kimia berpotensi masuk ke dalam kulit. Hindari pula mandi berendam, sebab kamu justru akan membuat tubuhmu berendam dalam cairan kimia.

Baca juga: Efek Gas Air Mata pada Tubuh dan Penanganannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Aftermath
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com