Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Udara Bersih Demi Menjaga Kesehatan Anak

Kompas.com - 24/09/2019, 20:50 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Udara bersih merupakan hal penting bagi ibu hamil dan anak-anak.

Pasokan udara bersih, tanpa ada partikel polutan dan membahayakan, dapat memberikan efek positif.

Sebaliknya, jika pada 1000 hari awal kehidupan anak terpapar polusi udara, maka bisa jadi muncul risiko pada perkembangan fisik dan mentalnya.

Dr Fellycia Tobing, Sp.A mencontohkan, polusi udara dapat memengaruhi paru-paru bayi pada ibu hamil lewat aliran darah. Terlebih, paru-paru bayi saat masih dalam kandungan belum terlalu berkembang.

“Dia (paru-paru bayi) seperti spons yang penuh air,” katanya saat peluncuran Blue Pure Air Purifier 411 & 221 di Jakarta.

Selain itu, anak-anak bernapas lebih sering. Hal ini memungkinkan udara yang dihirup lebih banyak.

Anak itu 50 persen lebih besar dari orang dewasa untuk asupan udara per body weight,” katanya.

Selain itu, menurut dokter Fellycia, saat ini tren penyakit pernapasan pada anak berubah. Jika dulu lebih pada infeksi, kini kian banyak keluhan alergi.

“Sering banget yang datang batuk terus, padahal sudah berobat ke sana-sini. (Setelah diteliti) masalahnya adalah udara di rumah kotor,” katanya.

Sementara pada fungsi kognitif anak, menurut dokter Fellycia, dalam sejumlah riset menemukan ada hubungan keduanya.

Ada pun pengaruh itu lantaran partikel neurotoxic yang menurut dokter Fellycia dapat menempel ke sel-sel otak. Hal ini juga berlaku pada gas-gas beracun seperti karbon monoksida yang dianggap bisa memengaruhi otak anak.

Sayangnya, lanjut Fellycia, belum ada yang tahu persis berapa jumlah kadar paparan yang berisiko.

Udara yang bersih

Oleh karena itu, udara bersih perlu dijaga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memastikan sirkulasi udara, plus rajin membersihkan tempat-tempat tertentu seperti gordyn dan ventilasi.

Selain itu, keberadaan pembersih udara di rumah juga dapat menjadi penunjang agar anak menghirup udara yang lebih sehat.

Ada pun salah satu tips mencari pembersih udara adalah sertifikasi Association of Home Appliance Manufacturers (AHAM), badan independen asal Amerika Serikat yang fokus soal udara bersih di rumah. 

Sertifikasi itu berasal dari penelitian AHAM secara independen.

"Setiap kuartal dia akan mengambil sampel (secara acak pembersih udara). Dia akan mengeluarkan hasilnya, berapa hasil udara bersihnya (dari pembersih udara) untuk luas ukuran tertentu dalam perputaran (sirkulasi udara) sebanyak lima kali," ujar Candra Endrawati, brand representative Blue Air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com