Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Naruto Asal Solo yang Ikut Padamkan Kebakaran di Gunung Merbabu

Kompas.com - 26/09/2019, 14:46 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Naruto dalam film animasi dikenal sebagai hokage atau pemimpin dari Desa Konoha, lain halnya dengan Naruto asal Solo.

Naruto asli Solo ini terkenal sebagai relawan yang siap membantu mereka yang sedang ditimpa bencana.

Beberapa waktu lalu, foto Naruto asli Solo sedang mengemban misi untuk memadamkan kebakaran di Ngangrong, Gunung Merbabu viral di media sosial.

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/92019), terkuak bahwa Naruto asli Solo ini memiliki nama asli David Widyatmojo yang sehari-hari berprofesi sebagai petani hidroponik.

"Saya sehari-hari ya bertani hidroponik. Tapi, ya itu, kalau bertani tetap pakai cosplay," ucap dia.

Pria 27 tahun itu memilih bergabung sebagai tim relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta sejak tahun 2015.

Menurut David, kostum Naruto yang ia gunakan saat bertugas sebagai relawan, khususnya saat bertugas memadamkan api di Gunung Merbabu sudah sesuai dengan standart pakaian tim search and rescue (SAR).

"Itu memang wujudnya Naruto tapi itu sudah baju standar SAR. Kan sama-sama oranye hanya ditambahi pernak-pernik ala Naruto," ucapnya.

Kostum Naruto yang dikenakan David merupakan buatan PMI Surakarta yang memang disiapkan untuk operasi lapangan kegiatan PMI.

"Saya memanng cosplayer yang suka Naruto dan kegiatan Palang Merah. Jadi, Naruto itu memang disiapkan untuk operasi lapangan," ungkapnya.

Ini bukan pertama kalinya David mengenakan kostum Naruto saat bertugas sebagai relawan. Ia bercerita, tahun 2018, ia pernah memakai kostum Naruto saat turut serta dalam membersihkan sungai Bengawan Solo.

David juga pernah bertugas sebagai relawan bencana di Lombok. Dalam tugas kemanusiaan tersebut, David juga menggunakan kostum Naruto.

"Saya dua minggu jadi Naruto saat gempa Lombok untuk membantu pemulihan anak-anak korban gempa dan misi bareng marinir," ucap David.

David juga menceritakan pengalaman mengharukannya saat bertugas sebagai Naruto di Lombok.

Ketika ia memberi motivasi dan membagikan peralatan sekolah kepada anak-anak korban bencana Lombok, David tiba-tiba mendapat pelukan dan ucapan terimakasih dari mereka.

"Mereka ngomong ke saya 'terimakasih, kak, kami bisa sekolah lagi', itu bikin saya terenyuh dan nangis," ucapnya.

Bagi David, menjadi relawan dengan kostum Naruto membuat dirinya benar-benar merasa menjadi tokoh animasi Naruto

"Saya benar-benar merasa jadi Naruto yang siap bertempur untuk rakyatnya dan membantu orang banyak. Saya merasa seperti seorang ninja. Mungkin ini bisa jadi jalan ninja saya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com