Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2019, 09:56 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Memiliki bekas jerawat di wajah dapat membuat minder karena memengaruhi penampilan. Berbagai cara pun dilakukan orang untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut, mulai dari secara alami hingga menggunakan obat-obatan dari dokter kulit.

Bagi yang tertarik dengan metode-metode alami, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami cukup mudah untuk dilakukan sendiri sehingga tak ada salahnya untuk dicoba.

Jerawat seringkali meninggalkan bekas berupa bintik-bintik kehitaman atau kemerahan yang bervariasi. Bentuknya ada yang besar atau kecil, rata atau tidak rata, serta tipis ataupun tebal.

Bekas jerawat dapat membuat kita kurang percaya diri, apalagi jika jumlahnya banyak dan mudah terlihat di wajah.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit Sehari-hari

Untuk mengatasi jerawat yang mengganggu, ada berbagai metode alami yang dapat kita lakukan guna menghilangkannya. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

Minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapabelchonock Ilustrasi minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Minyak ini mengandung antioksidan, vitamin E, serta vitamin K yang dapat memperbaiki kulit dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang mampu mencegah munculnya luka jerawat baru.

Kamu hanya perlu menggosokkan 1 sendok teh minyak kelapa pada telapak tangan, kemudian mengusapkannya pada seluruh wajah terutama pada bekas jerawat.

Biarkan semalaman, lalu bersihkan esok paginya. Akan lebih baik jika kamu melakukannya setiap hari agar bekas jerawat bisa segera hilang.

Baca juga: Kulit yang Cantik Dirawat dengan Minyak Kelapa

Tea tree oil

Minyak esensial tea tree Amy_Lv Minyak esensial tea tree
Tea tree oil populer digunakan oleh orang-orang yang mengalami masalah dengan jerawat.

Tak hanya dapat membantu menghilangkan jerawat, tea tree oil juga membantu mengurangi bekas jerawat karena sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

Campurkan 3-4 tetes tea tree oil dengan 1 sdt minyak kelapa. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada bekas jerawat. Biarkan semalaman atau selama 1-2 jam, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

Baca juga: Penyebab Utama Munculnya Jerawat di Usia Dewasa

Cuka apel

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com