Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2019, 07:29 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Pengasuhan yang penuh kasih sayang namun tetap mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri menjadi tantangan besar bagi semua orangtua, terlebih bagi mereka yang menjadi orangtua tiri untuk anak.

Dari sudut pandang anak, ayah atau ibu tiri bisa dipandang sebagai sosok yang mengidentifikasi atau menyenangkan, tergantung dari pembawaan orangtua tiri mereka tersebut.

Membangun ikatan emosional dengan anak tiri bukanlah hal mudah, namun bukan berarti mustahil. Kita perlu mencapai keseimbangan antara menjadi teman dan orangtua. Jangan lupa untuk juga memerhatikan kehati-hatian karena satu langkah bisa merusak semuanya. 

Beberapa tips berikut bisa coba diterapkan saat membesarkan anak tiri.

1. Sesuaikan ekspektasi

Anak-anak adalah pihak yang paling sakit ketika orangtua tiri masuk dalam hidup mereka, karena mereka merasa kesempatan untuk bersama orangtua biologis mereka akan hilang.

Namun, dalam kasus salah satu orangtua mereka meninggal, kehilangan salah satunya seringkali membuat mereka merasa bersalah karena tidak loyal pada orangtua biologis mereka setelah kehadiran orangtua tiri.

Jadi, jangan berharap anak-anak akan lari menuju ke pelukan Anda dan langsung membentuk ikatan emosional. Atur ekspektasi sesuai dengan kenyataan yang ada.

Baca juga: 6 Pertanyaan Anak Saat Orangtua Bercerai

2. Tidak terburu-buru

Anak tiri mungkin tidak langsung menerima kita, baik sebagai teman maupun orangtua baru. Mereka cenderung akan memandang kita sebagai orang yang dicintai oleh orangtua biologis mereka.

Oleh karena itu, cobalah menginisiasi hubungan pertemanan yang stabil. Tidak perlu terlalu kaku atau terburu-buru. Jadikan ini sebagai proses alami. Hadiah gadget mahal atau makan malam mewah juga tidak akan berpengaruh. Hal terpenting adalah membangun fondasi hubungan yang kuat melalui komunikasi yang dalam secara alami.

3. Menghormati ruang anak

Biarkan anak tiri Anda memiliki ruangnya sendiri dan bermain bersama teman-temannya. Biarkan pula mereka menghabiskan waktu dengan orangtua biologis mereka jika tinggal di rumah berbeda. Anda bisa memonitor aktivitas mereka dari jauh agar mereka tidak terlalu terkekang namun masih dalam pengawasan.

Ilustrasi ibu dengan anak remaja putriSHUTTERSTOCK Ilustrasi ibu dengan anak remaja putri

4. Sabar dan optimis

Anak mungkin saja sulit menerima kita sebagai orangtua tiri dan bersikap dingin. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk kuat dan tetap optimis Anda akan diterima oleh mereka. Hal yang perlu dilakukan adalah bersikap baik, menunjukkan kasih sayang, dan memperlakukan mereka sewajarnya agar mereka bisa menerima.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Duda Lebih Menarik bagi Wanita

Halaman:
Sumber Boldsky

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com