Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2019, 08:46 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Tidak semua orang memiliki bakat luar biasa dalam musik, meski begitu sebaiknya kita jangan memberi komentar negatif ke anak seperti “suara kamu jelek, kamu tidak bisa nyanyi”.

Menurut profesor ilmu musik, Steven M.Demorest, setiap anak lahir untuk bernyanyi, dan dengan mengatakan bahwa mereka tak berbakat bernyanyi akan berdampak negatif jangka panjang.

Penelitian menunjukkan, seseorang yang ketika kecil pernah dikomentari tak bisa bernyanyi oleh guru atau orangtuanya, akan tumbuh jadi orang dewasa yang menganggap dirinya tak berbakat dalam musik.

“Penelitian saya sendiri menemukan bahwa jika anak memiliki citra negatif tentang dirinya sebagai penyanyi, mereka akan malas berpartisipasi dalam semua kegiatan musik. Ini sangat merugikan karena mereka tidak bisa mencapai potensi maksimalnya,” kata Demorest.

Kerugiannya ternyata bukan cuma itu. Orang dewasa yang ketika kecilnya mendapat komentar negatif itu juga akan kehilangan kemampuan bernyanyinya karena tidak pernah dilatih.

“Anak-anak yang cinta musik tetapi merasa dirinya tak berbakat akan kehilangan manfaat dari berpartisipasi dalam kegiatan seputar musik, termasuk pengalaman terhubung dengan orang lain melalui lagu,” katanya.

Demorest menekankan bahwa setiap anak adalah musisi alami, karena mereka terlahir untuk menyukai lagu, tarian, dan memainkan alat-alat sebagai alat musik.

“Banyak orang yang bertanya bagaimana mengetahui anaknya berbakat dalam musik, saya selalu meyakinkan bahwa anak mereka, bahkan setiap anak, punya kemampuan dalam musik yang bisa dikembangkan,” paparnya.

Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, anak-anak balita itu akan mendapatkan komentar dari teman, anggota keluarga, bahkan guru musiknya di sekolah, bahwa mereka kurang berbakat.

Bahkan, para juri dalam ajang pencarian bakat pun menurut Demorest membuat banyak orang merasa minder.

“Bila Anda adalah orangtua, jangan malu untuk bernyanyi di depan anak. Memiliki orang dewasa di rumah yang menyukai musik dan sering bernyanyi adalah pengaruh yang besar untuk anak,” katanya.

Orangtua juga bisa mengajak anaknya untuk bernyanyi bersama sejak anak masih usia bayi.

“Bernyanyilah setiap saat ada kesempatan,” sarannya.

Baca juga: Ini Dia, 5 Tahap Mengenali dan Mengembangkan Minat Bakat Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com