Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ayumi Persiapan 3 Minggu untuk New York Fashion Week

Kompas.com - 04/10/2019, 18:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Marina Christyanti Ayumi, desainer muda pendiri label Ayumi, tak pernah berani membayangkan bisa naik ke panggung New York Fashion Week (NYFW).

Tak heran ketika tawaran itu datang, Ayumi berpikir keras, bahkan ragu untuk mengambil kesempatan yang jadi impian setiap desainer mode itu.

Dengan dorongan teman-teman dan suami, akhirnya ia pun mengikuti seleksi dan berhasil tembus ke NYFW Spring/Summer Collections 2020 dari Indonesia Fashion Gallery, sebuah wadah mode yang memperantarai hubungan dagang perancang mode Indonesia dengan Amerika Serikat.

Desainer Marina Christyanti Ayumi di panggung New York Fashion Week.Dok Ayumi Desainer Marina Christyanti Ayumi di panggung New York Fashion Week.
"Itu di luar impian saya. Mendapat kesempatan untuk mempertunjukkan koleksi di NYFW<" katanya tentang perasaannya ketika dikabarkan desainnya lolos kurasi.

Ayumi memilih Songket Minang, daerah asal kedua orangtuanya, sebagai bahan utama dalam rancangannya yang bertajuk "An Ode To The Ethnicity".

Ia mengaku terinspirasi dari perempuan yang enerjik yang cantik dan bergaya chic sepanjang waktu.

Dalam proses persiapan yang sempit, hanya tiga minggu, ia harus melengkapi busana dari songket rancangannya yang memiliki citra mewah.

"Kendala terberat adalah waktu. Hanya tiga minggu. Songketnya sendiri asli hasil tenunan tangan pengrajin dari Sumatera Barat. Dan satu warna songket dibuat untuk satu bahan," papar wanita yang memiliki studio di kawasan Kemang Jakarta Selatan ini.

Ayumi memilih warnawarna mewah, seperti merah legam, hijau pekat, dan krem, dalam songket. Bahan songket yang agak kaku dengan perpaduan benang emas dan warna gelap itu ia padukan dengan bahan tipis yang ringan dalam siluet bertumpuk penuh ruffles untuk memberi kesan luwes.

Ia pun mendapat sambutan meriah di atas panggung Spring Studio pada 9 September 2019 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com