Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2019, 11:42 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Tidak hanya nikmat didengar, musik hip hop dikabarkan memiliki bermanfaat untuk memulihkan gangguan mental, termasuk kondisi depresi. Pernah mendengar sebelumnya?

Musik, secara umum, memang dikenal bermanfaat untuk kondisi psikologis. Musik dapat meredakan stres yang mendera, meningkatkan kemampuan kognitif, serta membantu tertidur lebih nyenyak. Lalu, bagaimana dengan musik hip hop dan rap?

Selama ini, mungkin kita sering mendengar stigma negatif yang melekat pada musik hip hop, Namun nyatanya, sejumlah riset menyebutkan, musik hip hop juga berpotensi membantu orang dengan gangguan mental.

Pada akhir 2014, akademisi dari Universitas Cambridge melaporkan, para responden penelitian yang mendengarkan musik hip hop, mengalami dampak positif. Mereka mendengarkan musik genre tersebut, sebagai bagian dari terapi psikoedukasi.

Riset yang dimuat dalam The Lanchet Psychiatry tersebut melibatkan penderita gangguan Skizofrenia dan gangguan depresi, sebagai responden. Setelah itu, peneliti membaginya menjadi dua kelompok untuk sama-sama menjalani terapi psikoedukasi.

Kelompok pertama mendengarkan musik hip hop, sedangan kelompok lainnya tidak. Hasilnya, kelompok responden yang mendengarkan musik hip hop, terbukti memiliki pemahaman lebih baik dalam proses terapi.

Baca juga: Musik Metal dan Dampaknya Bagi Kesehatan, Baik atau Buruk?

Sebagai informasi, beberapa lagu populer yang dipilih dalam penelitian tersebut adalah "Man in the Mirror" milik Michael Jackson, dan "Take Off Your Cool" oleh Outcast.

Bagaimana musik hip hop membantu pemulihan gangguan mental?

Akeem Sulee, salah satu peneliti dalam riset tersebut, juga mendirikan Hip Hop Psych. Institusi ini memiliki sekumpulan psikiater dari Universitas Camdridge, yang berusaha mempromosikan musik hip hop untuk penanganan gangguan mental.

Lirik dalam lagu-lagu hip hop yang berkaitan dengan isu mental, tampaknya menjadi kunci untuk dapat menjadi alat terapi.

Menurut Hip Hop Psych, musik hip hop kaya dengan hal-hal yang dekat dengan kesehatan mental, seperti masalah kecanduan, gangguan psikosis, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan lainnya.

Musik hip hop juga disebutkan dekat dengan faktor lingkungan dalam gangguan mental, seperti masalah perkotaan, nutrisi yang buruk, pengaruh keluarga yang tidak sehat, maupun faktor lain, seperti faktor genetik dan perubahan ekspresi gen (epigenetik).

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Mengusir Stres?

Hip Hop Psych juga menuturkan, musik hip hop dapat mendorong penderita gangguan depresi, yang tertarik dengan musik hip hop, untuk meningkatkan citra positif dalam diri mereka, situasi yang mereka hadapi, maupun masa depan.

Memilih musik hip hop dengan lirik yang positif

Dalam konteks sejarah hip hop, musik ini sebenarnya berakar pada nilai-nilai yang positif, seperti kondisi masyarakat, keadilan sosial, pesan perdamaian, hargadiri, saling menghormati, serta semangat untuk terus ceria. Nilai-nilai inilah, yang menjadi kunci untuk musik hip hop.

Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com