Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Jerawat Timbul karena Faktor Keturunan?

Kompas.com - 08/10/2019, 14:53 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau sudah merawat kulit, tak jarang masalah jerawat tetap muncul dan sulit diatasi. Jerawat seperti itu biasanya dianggap muncul karena faktor keturunan.

Benarkah jerawat bisa timbul karena faktor keturunan?

Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center menjelaskan, tidak ada yang namanya jerawat keturunan. Kondisi yang mungkin diturunkan oleh orangtua adalah kondisi kulit berminyak.

"Kalau ada orangtua yang tendensi kulit berminyak biasanya kulit anaknya juga berminyak," kata Shinta di Erha Derma Center cabang Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Derma Center.

Adapun kulit berminyak merupakan salah satu faktor penyebab jerawat.

Beberapa faktor penyebab jerawat lainnya antara lain faktor hormonal, kurang tidur, stres, banyak pikiran, banyak konsumsi makanan berminyak, hingga pemakaian riasan wajah yang menyumbat pori-pori wajah.

Meski memiliki keturunan wajah berminyak, tak lantas kita pasti akan berjerawat. Kemunculan jerawat bisa dicegah dengan menghindari faktor-faktor tersebut. Mulai dari cukup tidur, makan sehat, hingg mengubah kebiasaan pemakaian riasan wajah.

"Kalau makeup terlalu tebal pori-pori wajah bisa tersumbat dan akan semakin jerawatan. Jadi yang penting adalah pencegahan," ucapnya.

Sebab, ketika jerawat sudah bermunculan, kesulitan tidak hanya dihadapi saat mengobati jerawat saja namun juga saat mengobati bekasnya.

Apalagi jika tipe bekas jerawatnya adalah yang dalam dan menukik di dalam kulit.

"Makanya saya selalu bilang ke pasien, jangan gemas lalu memencet jerawat," kata Sisca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com