Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahayanya Bahan Kimia dalam Produk Kosmetik bagi Tubuh

Kompas.com - 14/10/2019, 18:16 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari kita terpapar oleh banyak bahan kimia berbahaya dan polutan yang bisa berefek buruk pada kesehatan kita. Tapi, bagaimana dengan bahan kimia yang terkandung dalam produk kosmetik dan produk perawatan tubuh?

Berbagai penelitian telah menunjukkan, bahwa bahan kimia yang digunakan dalam produk kosmetik memiliki dampak negatif pada hormon wanita. Perubahan hormon ini telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker payudara.

Sebuah studi pada 2018 yang diterbitkan dalam Environment International oleh George Mason University, menemukan hubungan langsung antara bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik dengan perubahan hormon reproduksi.

Tim peneliti menganalisis 143 wanita sehat, berusia 18 hingga 44 tahun, yang tidak memiliki kondisi kesehatan kronis dan tidak sedang menjalani metode kontrasepsi.

Baca juga: Tabir Surya atau Kosmetik Mengandung SPF, Mana Lebih Efektif?

Sebanyak 509 sampel urin dikumpulkan dari mereka dan diukur kandungan bahan kimia lingkungan yang ditemukan dalam produk perawatan pribadi, seperti paraben (pengawet antimikroba) dan benzofenon (filter ultraviolet).

Studi ini bertujuan untuk memeriksa campuran bahan kimia yang sebagian besar digunakan dalam produk kosmetik dan untuk menunjukkan, bahwa paparan tingkat rendah terhadap campuran bahan kimia tersebut dapat memengaruhi hormon reproduksi.

Temuan lain yang menarik dari penelitian ini, bahwa bahan kimia tertentu dan filter UV berkaitan dengan penurunan hormon reproduksi, sementara yang lain dikaitkan dengan peningkatan hormon reproduksi.

Para peneliti menemukan, bahwa paraben dapat meningkatkan kadar estrogen, yang dapat menyebabkan kanker payudara. Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini.

Baca juga: Bahan Kimia dalam Produk Perawatan Berpotensi Ganggu Kesuburan Pria

Sebelumnya, para peneliti telah menemukan bahwa produk-produk tertentu seperti kosmetik rambut mengandung bahan kimia yang kuat.

Sebanyak 18 kosmetik rambut yang biasa digunakan seperti relaxer, produk anti-frizz, dan stimulator akar rambut terdeteksi mengandung 66 bahan kimia yang memiliki efek toksik pada kulit.

Produk-produk tersebut mengandung paraben dan ftalat, yang merupakan bahan kimia pengganggu hormon yang mengganggu keseimbangan hormon normal tubuh.

Para peneliti juga menemukan, bahwa senyawa yang disebut nonylphenol terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara dan obesitas.

Studi-studi ini mencerminkan pentingnya mengetahui bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk perawatan tubuh dan kosmetik yang kita gunakan setiap hari.

Baca juga: Dianggap Mengandung Bahan Kimia, Mainan Anak Squishy Dilarang di Denmark

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com