Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Tertular Penyakit Menular Seksual dari Toilet Umum?

Kompas.com - 14/10/2019, 22:02 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Banyak orang yang merasa tak nyaman saat harus pergi ke toilet umum, terutama para perempuan. Harus duduk di toilet yang telah digunakan banyak orang membuat khawatir terpapar berbagai kuman dan tertular penyakit.

Dr. Preethi Daniel dari National Health Service (NHS), Inggris mengatakan tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

“Banyak orang bertanya kemungkinan tertular penyakit menular seksual dari toilet umum, jawabannya adalah untuk tertular penyakit tersebut, kuman harus ditransfer langsung dari kursi toilet ke organ genital atau melalui luka terbuka, misalnya ketika ada luka di bagian bokong,” jelas Daniel.

Preethi melanjutkan, bahwa penyakit yang mungkin kamu dapatkan dari duduk di kursi toilet umum adalah E-coli atau Salmonella.

Baca juga: Tak Perlu Jongkok di Toilet Umum untuk Menghindari Bakteri

Meski demikian, ia menyarankan untuk duduk dengan tenang dan menyelesaikan buang air dengan baik dan tidak terburu-buru.

"Ketika kamu berusaha menghindari dudukan toilet dengan berjongkok atau berusaha duduk tanpa menempelkan bokong dan terburu-buru keluar dari bilik toilet, itu justru berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih,” ujarnya.

"Dengan tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, terburu-buru menyelesaikan, dan bahkan berusaha berjongkok di dudukan toilet, kamu justru mengekspos tubuh pada bakteri yang berpotensi berbahaya," lanjutnya.

Dia menambahkan, satu-satunya saran darinya untuk mencegah penyakit saat keluar dari toilet umum adalah mencuci tangan dengan seksama dan menggunakan pembersih tangan.

Baca juga: Demi Kesehatan, Jangan Siram Toilet Tanpa Menutupnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com